Kemaren adalah momentum yang terjadi dalam perubahan lingkungan bisnis yang ada di sekitar wirausaha. Salah satu hal sangat berubah adalah ketetapan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), baik solar maupun premium yang pastinya sangat dibutuhkan oleh wirasuaha dalam mengerjakan bisnis mereka masing-masing. Tidak bisa dipungkiri akanhal ini karena dalam setiap aktivitasnya, wirausaha sangat tergantung pada aspek BBM tersebut.



Mulai dari supplier yang pastinya melakukan proses bisnis dalam usaha mereka. Dengan kenaikan bbm, biaya operasional mereka juga menjadi naik sehingga akan menaikkan harga jual yang akan di sampaikan kepada wirausaha muda pastinya. Inilah yang akan menjadi tantangan setiap wirausaha.  Kenaikan harga jual dari supplier menjadi tambahan biaya bagi produksi secara keseluruhan.

Belum lagi biaya dari aspek transportasi yang sangat dibutuhkan dalam penghantaran bahan baku kepada perusahaan yang dijalankan wirausaha. Luar biasa pastinya kenaikan biaya transportasi yang akan berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan oleh masing-masing wirausaha karena tidak bisa dilepaskan dari bisnis mereka.

Itu adalah beberapa dampak dari kenaikan BBM yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sadar atau tidak, hal ini akan membuat bisnis mereka menjadi berbiaya tinggi. Akhirnya, akan menurunkan daya saing yang dimiliki masing-masing wirausaha. Ketika biaya naik, tentu harga jual akan terpengaruh.

Oleh karena itu, tantangan wirausaha adalah untuk melakukan analisis terhadap bisnis mereka kembali dengan melihat proses bisnis yang ada. Konsep efisiensi yang dimiliki oleh wirausaha menjadi kunci sukses untuk membuatnya bisa bertahan dan tumbuh serta berkembang nantinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan eksternal  yang terjadi seperti diatas adalah sebuah kepastian.

Tidak ada waktu lagi untuk menunda-nunda perubahan yang dilakukan oleh perusahaan setiap wirausaha. Perubahan dengan melakukan efisiensi ini wajib hukumnya mulai dari sekarang sehingga akan memudahkan perusahaan untuk bisa terus mencapai keunggulan bersaing dengan perusahaan lain ditengah tingginya perubahan lingkungan bisnis.

So… bagaimana dengan anda? Hm…….. 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: