Rasanya, inilah pelajaran yang penting bagi setiap mahasiswa yang bermaksud untuk menjadi entrepreneur ketika sudah melewati fase pendidikan sebagai seorang mahasiswa di kampus. Sebenarnya, momentum menjadi seorang mahasiswa adalah kesempatan yang sangat berharga dan jangan sampai di sia-siakan dengan hanya kuliah seadanya dan tidak memberikan perhatian lebih pada apa yang sudah diajarkan oleh dosen.

Pengalaman sebagai seorang mahasiswa tentu menjadi dasar untuk memberikan pandangan bagaimana seorang mahasiswa pada hakekatnya memiliki keunggulan komparatif yang bisa diubah menjadi sebuah keunggulan kompetitif sehingga dapat memberikan bekal untuk sukses dalam berbisnis, khususnya dalam konteks bisnis dan manajemen yang dibutuhkan oleh entrepreneur.



Banyak hal yang harus dimanfaatkan dari kampus tempat menimba ilmu dan pastinya berhubungan dengan kerangka berfikir seorang mahasiswa yang sejatinya mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan membuat setiap keputusan yang dibutuhkan dalam konteks bisnis dan manajemen. Kerangka berfikir ini tidak dimiliki oleh setiap entrepreneur karena mereka harus melewati fase pendidikan dikampus.

Inilah salah satu pelajaran penting yang harus diambil dan dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur. Kerangka berfikir itu akan sangat terasa ketika mereka melakukan penelitian untuk tugas akhir, skripsi ataupun tesis. Apalagi disertasi yang pastinya akan sangat lebih tajam memberikan analisis dan membuat kerangka berfikir menjadi sangat kuat. Tidak bisa dipungkiri pada akhirnya entrepreneur yang berasal dari kampus akan semakin tajam analisisnya

Disinilah peran seorang dosen yang dapat memberikan bantuan dalam konteks bagaimana seorang mahasiswa dapat memberikan permasalahan yang kemudian dianalisis dan dilakukan penelitian untuk membuat segala sesuatunya menjadi jelas dan dapat dipahami oleh banyak orang. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam penelitian, tentu akan menjadi basis yang kuat untuk menjelaskan sebuah fenomena bisnis.

Oleh karena itu, sudah saatnya setiap mahasiswa yang memang berminat untuk menjadi seorang dosen untuk mulai mendapatkan semaksimal mungkin pelajaran dari dosen yang bisa dimulai dari diskusi dan menunjukkan permasalahan yang dihadapi dalam bisnis. Dosen akan membantu mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut. 
Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: