Dalam satu jurnal penelitian yang saya baca kemaren, ada satu temuan yang luarbiasa tentang konsep mindset dan hubungannya dengan strategic management dan khususnya strategic entrepreneur.

Sebagai seorang pendidik, tentu hal ini menjadi penting karena ada satu temuan yang luarbiasa dan harus dikembangkan agar memberikan kontribusi yang optimal bagi penciptaan entrepreneur muda sukses dengan menjadi ahli strategi.



Mindset bukan hanya konsep kerangka berfikir akan tetapi menjadi sikap mental dan cara berfikir yang benar dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisadikontrol dan mengalami turbulensi.

Disinilah mindset melihat peluang dan ancaman yang diakibatkan oleh perubahan lingkungan. Kemampuan berfikir inilah yang perlu dijadikan sebagai dasar untuk melihat kualitas mindset seorang entrepreneur.

Tidak hanya itu, mindset juga bisa menilai apakah sebuah peluang itu benar-benar bisa menghasilkan. Atau tidak sehingga bisa langsung diputuskan. Kalau dilihat, bisa menjadi sebuah insting.

Lalu, bagaimana hubungannya dengan strategic management? Tentu masih ingat kerangka strategic management itu berbasis lingkungan, baik internal maupun eksternal untuk dijadikan dasar penentuan strategi.

Jadi, mindset menjadi penting bagi enttrepreneur untuk menjalankan peran sebagai ahli strategi. Oleh karena itu, mari asah terus mindset entrepreneur dengan meningkatkan knowledge, skill dan attitude selama menjalankaan bisnis.

Fokus pada bisnis yang dijalankan juga menjadi penting karena banyak learning didalamnya. Yang tidak kalah penting, kembangkan knowledge management melalui siklus Create, Structure, Share dan Apply... Hmmmm....
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: