Ketika seorang entrepreneur memulai bisnis yang dijalankan sebagai sebuah jalan hidup, tentu sudah memahami apa  yang hendak dicapai, apa yang akan dilakukan, kenapa menjalankan bisnis ini serta apa konsekuensi yang akan dihadapi ketika terjadi permasalahan yang pastinya akan mempengaruhi kualitas hidup mereka. Apalagi bisnis itu akan selalu berhubungan dengan permasalahan dikarenakan perubahan lingkungan bisnis.


Hal ini perlu dipahami oleh setiap entrepreneur karena memang sejatinya setiap entrepreneur akan mengahdapi piihan seperti ini dan dampaknya akan sangat terasa ketika mereka akan menumbuhkembnagkan bisnis tersebut sebagai sebuah bisnis yang akan terus membesar setiap saat seiring dengan perkembangan dalam lingkungan bisnis itu sendiri. Banyak hal  yang akan terjadi.

Pertanyaannya adalah bagaimana entrepreneur akan menghadapi hal ini agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, perlulah rasanya entrepreneur untuk kembali ke konsep dasar yaitu bagaimana mereka memulai segala sesuatu itu dari fikiran yang ada di benak masing-masing. Fikiran yang sejatinya adalah awal bagi entrepreneur dalam menjalankan berbagai aktivitias, khususnya yang berhubungan dengan entrepreneurship.

Fikiran ini dimulai dari pengetahuan setiap entrepreneur tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan serta manajemen itu sendiri yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Ketika pengetahuan ini menjadi penting untuk dibenarkan terlebih dahulu agar tidak salah daalm pemahaman yang ada dalam fikiran mereka. Kesalahan ini dimulai dari kurangnya pengetahuan tentang ketiga konsep tersebut.

Disinilah titik kritis dari seorang entrepreneur yang harus dipahami dengan baik oleh entrepreneur. Titik kritis dimana mereka setiap entrepreneur perlu memahami dengan baik bahwa semuanya berasal dari fikiran yang pastinya harus dibenarkan terlebih dahulu. Pemahaman ini akan merubah apa yang dilakukan mereka sehari-hari, apalagi konteksnya adalah dalam membuat keputusan bisnis.

Keputusan bisnis itu harus selalu berada pada kondisi yang mampu memberikan pentingkatan kepada value terhadap bisnis, masyarakat dan juga lingkungan alam dalam jangka panjang. Inilah salah satu contoh nyata bagaimana semuanya harus dimulai dari fikiran setiap entrepreneur dalam berbisnis.

Bagaimana dengan anda? Sudah benarkah fikiran dalam diri masing-masing tentang entrepreneurship yang sejatinya menjadi fondasi dalam menjalankan bisnis agar tetap mencapai tujuan bisnis itu sendiri yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil. Menengah dan besar….hmmmmm

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: