Mungkin, inilah yang menjadi dasar setiap entrepreneur untuk mulai memperhatikan bagaimana bisnis mereka bisa menjadi besar ketika semakin ketatnya tingkat persaingan dalam bisnis. Tidak bisa strategi yang asal-asalan untuk menghadi persaingan agar tetap bisa unggul dan mencapai tujuan bisnis yang sudah direncanakan di awal tahun oleh setiap entrepreneur.
Strategi yang memang harus dipegang oleh setiap entrepreneur dan bersifat generic adalah strategi differensiasi dimana bisnis mereka harus berbeda dalam menghasilkan produk kepada konsumen. Perbedaan dari konteks produk menjadi dasar untuk bisa memberikan value yang superior kepada konsumen sehingga mereka akan merasakan lebih dari setiap hal yang diberikan kepada mereka.


Differensiasi untuk produk ini memang menjadi pegagangan untuk setiap entrepreneur dalam berbisnis. Ketika produk dibedakan dengan yang diberikan pesaing, tentu akan menjadi pilihan untuk dibeli dan bisa jadi akan menjadi dasar untuk branding kepada calon konsumen. Aspek ini bisa menjadi message yang ampuh ketika banyak pesaing menawarkan hal yang sama.
Namun demikian, differensasi yang diberikan kepada konsumen tentu tetap memperhatikan beberapa hal yang pastinya sangat bermanfaat bagi entrepreneur. Pertama adalah tetap berbasis kepada need, want dan demand setiap konsumen. Hal ini penting karena memang pada akhirnya berujung kepada konsumen yang menjadi target market setiap entrepreneur dalam berbisnis.
Ketiga konsep di atas, need, want dan demand harus menjadi parhatian setiap entrepreneur agar mereka bisa langsung memilih produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan inginkan serta sesuai dengan daya belinya. Jangan sampai menawarkan produk yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen.
 Kedua adalah bagaimana dengan pesaing? Hal ini perlu menjadi perhatian dan rujukan setiap entrepreneur ketika mereka akan membuat sesuatu yang unggul di benak konsumen. Tetap pesaing harus menjadi perhatian agar terlihat keunggulan produk itu sendiri. Jangan merasa apa yang dibuat itu sudah lebih baik meskipun dibutuhkan oleh konsumen.
Inilah yang menjadi salah satu pelajaran dalam program Belbiz minggu lalu tentan konsep dan strategi pemasaran untuk bisnis yang mash berada dalam fase start up. 
Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: