Hal inilah yang sangat terasa ketika bertemu dengan beberapa entrepreneur kemaren. Pertemuan yang tidak sengaja dan membuat banyak hal baru yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur agar benar-benar berhasil dalam berbisnis. Memang tidak semua entrepreneur sudah memahami peranan yang harus mereka jalankan ketika sudah memilih menjadi entrepreneur dalam berbisnis.

Perubahan lingkungan bisnis sangat terasa begitu cepat dan dahsyat pengaruhnya kepada setiap entrepreneur. Ketika membaca berbagai laporan dan tulisan tentang lingkungan politik, ekonomi, social dan budaya serta teknologi, semuanya mengarah kepada bagaiaman setiap entrepreneur diharapkan untuk bisa dimanfaatkan bagi kesuksesan bisnis tersebut.


Akan tetapi, ada satu keilmuan yang sangat terasa manfaatnya dan harus digunakan oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Ilmu yang sejatinya mampu memberikan gambaran dan ulasan tentang apa yang terjadi di dalam lingkungan bisnis dan juga strategi apa yang harus diterapkan dan dijalankan agar bisa memberikan value yang optimal bagi perusahaa, khususnya tetap bisa mencapai keunggulan bersaing dalam rangka pencapaian tujuan bisnis itu sendiri.

Dalam ilmu ini, diharapkan bagaimana entrepreneur mulai menyadari beberapa hal mendasar tentang keputusan bisnis yang akan mereka buat dan jalankan. Tentu arahnya adalah bagaimana keputusan ini akan memberikan value jangka pendek, menengah dan juga janka panjang bagi entrepreneur dan bisnisnya.

Pertama, where are we now. Pertanyaan mendasar yang berhubungan dengan posisi entrepreneur di lingkungan internal dan eksternal sehingga jelas kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman yang ada di tengah diri entrepreneur. Posisi ini akan sangat menentukan arah strategi yang akan dipilih. Tentu juga berhubungan dengan bagaimana mereka akan memanfaatkan peluang secara optimal.

Kedua adalah where do we want to go. Pertanyaan ini berhubungan dengan mau kemana arah yang akan dituju oleh setiap entrepreneur. Pertanyaan ini penting untuk dijawab karena akan menjadi arahan dan standar yang akan dicapai sehingga dapat diukur oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Hal ini bisa dibuatkan dalam bentuk visi yang hendak di capai sehingga lebih memudahkan pencapaiannya.

Ketiga, how do we go there. Bagaimana mencapainya dan ini menggambarkan bagaimana strategi yang akan digunakan oleh setiap entrepreneur untuk menvapai visi tersebut. Hal ini diturunkan dalam bentuk strategi, kebijakana, program, anggaran dan standard Operation Procedure (SOP) yang dapat digunakan untuk menjalankannya secara optimal.

Rasanya, inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur dalam membangun diri menjadi seorang ahli strategi dan mendapatkan apa yang perlu dimiliki dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnsis yang begitu cepat dan bisa memberikan optimal value bagi perusahaan dan konsumen dibandingkan pesaing…. 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: