Tanggung jawab wirausaha dalam bisnis adalah bagaimana mereka menjadi ahli pemasaran atau marketing expert karena itulah yang akan menjadi faktor kunci bagaimana membuat bisnis mereka itu puas. Ahli pemasaran yang kuat bisa membuat bisnis wirausaha untuk bisa bersaing dengan usaha lainnya.


 Setiap saat, sudah sewajarnya wirausah auntuk memperhatikan konsep yang sangat sederhana ketika membahas pemasaran tersebut. Apa itu? Konsep komunikasi yang dijalankan banyak tenaga pemasaran dimana setiap calon konsumen dan ataupun konsumen itu sendiri, perlu melakukan AIDA + Puas dan Loyal.

Konsep AIDA merupakan konsep psikologi yang diambil untuk melihat perilaku konsumen dengan singkatan AIDA yaitu attention, interest, desire dan action. Keempat konsep ini penting untuk membangun hubungan baik dengan calonkonsumen sampai mereka menjadi konsumen perusahaan dimana mereka mengkonsumsi produk setiap wirausaha.

Konsep attention berhubungan dengan bagaimana wirausaha mampu memberikan mengampiil perhatian calon konsumen terhadap produk mereka masing-masing. Attention itu merupakan tahap pertama yang harus dilwati untuk melangkah ke tahap selanjuntnya.

Apabila bisa melewati fase attention, maka yang perlu dilakukan adalah tahapan interest dimana mampu membuat calon konsumen tertarik terhadap produk wirausaha. Ketertarikan ini tentu dihasilkan dari salah satu komponen produk yang ada sehingga mampu membuat perbedaan dan konsumen menjadi tertarik.

Selanjutnya adalah tahapan desire atau berminat dimana konsumen akan berminat untuk membeli produk tersebut. Minat ini adalah tahapan yang lebih tinggi sebelum konsumen memasuki tahap akhir yaitu bagaimana konsumen itu melakukan pembelian terhadap produk itu sendiri. Keempat tahapan kunci ini ada dalam diri setiap

Ketika sudah terjadi transaksi, wirausaha perlu memperhatikan bagiamana setiap konsumen bisa mencapai kepuasan dari setiap transkasi yang sudah mereka capai. Kepuasan itu mereka rasakan ketika apa yang mereka terima sama atau lebih dengan yang mereka harapkan yang dibentuk oleh janji dan bahkan pesaing.


Barulah setelah itu konsumen akan mencapai loyalitas atau customer loyalty dimana mereka harus sampai kepada pembelian ulang, pembelian produkyang lain, merekomendasikan kepada yang lain serta menolak pesaing yang pastinya selalu berupaya menggoda konsumen untuk pindah… inilah yang perlu mendapatkan perhatian wirausaha dalam konteks pemasaran. 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: