Ada satu pembelajaran yang harus diberikan kepada wirausaha dala membangun bisnsi mereka adalah bagaimana setiap wirausaha memiliki konsep yang kuat dalam berbisnis, khususnya dalam hal yang berhubungna dengan kerangka bisnsi yang sejatinya sudah menjadi pegangan dalam diri mereka masing-masing.

Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh wirausaha dalam membangun bisnis ketika saat ini tingkat persaingan yang begitu tinggi dan membuat setiap orang harus bisa fokus dalam bisnis dan memperhatikan kerangka bisnis yang kuat agar setiap  keputusan bisnis yang mereka buat akan selalu memberikan kontribusi kepada pencapaian keunggulan bersaing atau competitive advantage setiap saat.


Konsep balances scorecard perlu mendapatkan perhatian secara lebih baik dan komprehensif dalam diri setiap wirausaha. Konsep mendasar bagaimana memodelkan bisnis dengan memperhatikan empat perspektif yang kuat untuk bisnis. Keempatnya adalah bagaiaman wirausaha perlu memperhatikan finance atau keuangan, consumer atau pendekatan kepada marketing, internal business process dan juga learning and growth.

Keempat perspekfit ini harus diperkuat dalam diri dan juga diimplementasikan dalam setiap aktivitas bisnis wirausaha. Semuanya saling berhubungan dan pastinya harus dikuasai dengan baik agar bisnis dapat mencapai visi yang sudah ditetapkan oleh manajemen dan juga pemilik perusahaan. Keempatnya harus dipahami sebagai sebuah kesatuan.

Tentu keempat perspektif tersebut sudah dapat dipahami secara terintegrasi dan memberikan kontribusi masing-masing kepada perusahaan. Oleh karena itu, wirausaha perlu memberikan desain bisnis yang kuat untuk bisa fokus dalam bisnis dan keputusan yang dibuat juga menjadi kokoh dalam artian bisa memberikan capaian yang optimal bagi perusahaan.


Hubungan yang tidak bisa dilepaskan dari balanced scorecard ini adalah bagaimana konsep cause and effect atau hubungan sebab akibat yang terjadi satu sama lain. Hubungan yang pastinya akan menentukan aktivitas lainnya dan akan berdampak kepada hasil akhir dari bisnsi itu sendiri. Sebab akibat ini perlu dipahami dengan baik untuk bisa membuat segala sesuatunya berdampak kepada bisnis jangka panjang. 

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: