Kemaren, ada satu isu yang sangat relevan dengan wirausaha yang menjalankan bisnis yaitu bagaimana rencana Pertamina untuk mulai menerapkan kebijakan baru terhadap Bahan Bakar Minya (BBM) yang selama ini banyak mengkonsumsi premium ron 88, sekarang akan diganti dengan bahan bakar minyak dengan ron 90 – 91.



Tentu hal ini menjadi sebuah hal yang penting untuk difikirkan karena dampaknya akan berhubungan dengan peluang ataupun ancaman dalam business process setiap wirausaha. Rasanya, tidak berhenti-henti perubahan lingkungan yang ada disekitar wirausaha dalam menjalankan bisnis.

Mungkin bagi pemerintah, pemberlakuan BBM jenis baru dengan kondisi yang katanya tidak diberikan subsidi lagi, adalah kebijakan yang tidak mungkin ditunda lagi karena bagaimana meminimalisir jumlah subsidi. Kebijakan yang pada satu sisi, memberikan value bagi pemerintah, akan tetapi, bagiamana dengan masyarakat dan wirausaha?

Ada satu hal penting yang selalu difikirkan oleh wirausaha saat ini  yaitu bagaimana mencapai competitive advantage atau keunggulan bersaing untuk bisnis mereka masing-masing. Keunggulan bersaing itu dapat dihasilkan dari pilihan stratregi berupa cost leadership – focus cost leadership atau differensiasi – focus differensiasi dalam bisnis.

Salah satu faktor dalam pencapaian daya saing ini adalah bagaimana prses bisnis yang ada didukung oleh supplier bagi seluruh bisnis wirausaha. Supplier yang pastinya berhubungan dengan proses bisnis adalah berupa supplier yang menyediakan BBM kepada mereka dan di Indonesia itu ada Pertamina. Tentu tidak lepas juga dari kebijakan pemerintah

Perubahan kebijakan pemerintah untuk jenis BBM ini akan berdampak kepada naiknya biaya produksi dari supplier karena berdasarkan informasi yang tersebar di masyarakat bahwa harganya lebih dari harga premium saat ini. Tentu akan menambah jumlah biaya proses produksi tersebut.

Inilah yang perlu mendapatkan perhatian dari seluruh wirausaha sehingga proses bisnis yang ada tetap bisa berkontribusi kepada competitive advantage yang memang menjadi tujuan wirausaha agar bisa bertahan dalam lingkungan bisnis yang sangat dinamsi dan berubah cepat ini.


Oleh karena itu, saat nyalah seorang wirausaha perlu melakukan analisis proses bisins yang mereka miliki. Lingkungan bisnis itu tidak bisa dihentikan perubahannya dan disnilah kepentingan dan kebutuhan seorang wirausaha untuk menjadi ahli strategi… bagaimana dengan anda? Hmmm…….

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: