Pada hari Minggu lalu, saya dan teman-teman dari Balatkop dan juga dari UNIKOM berkesempatan melakukan bedak buku yang sudah ditulis selama beberapa bulan yang lalu. buku yang merupakan hasil kerjasama dengan beberapa teman yang memang fokus dan berkontribusi kepada pengembangan wirausaha di Jawa Barat. 


Buku ini memang didedikasikan kepada wirausaha muda Jawa Barat yang ingin mencapai kesuksesan dengan menjadi seorang wirausaha. pilihan yang tidak gampang pastinya, akan tetapi, mereka adalah pejuang bangsa saat ini dan perlu diperhatikan oleh pemerintah karena sebagian tugas pemerintah sudah dipikul oleh wirausaha. 

Buku yang berjudul dasar-dasar kewirausahaan bagi pengusaha yang baru memulai ataupun mengembangkan bisnis mereka, akan sangat terbantu dengan keberadaan buku tersebut. Didalam buku ini, akan banyak hal yang baru ditemukan oleh wirausaha dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar dalam berbisnis sehingga bisa mencapai tujuan bisnis itu sendiri serta dalam jangka panjang. 

Meriza menjelaskan bagaimana proses buku ini dibuat dan bagaimana isi buku tersebut. Proses pembuatan buku yang sudah menelan waktu kurang lebih tiga bulan dengan menggabungkan beberapa pemikiran dari tim penulis yang berasal dari berbagai latar belakang yaitu ada dari kampus, pelaku bisnis, dan bahkan pemerintah yang pastinya memiliki konsep tersendiri dari program ini bahwa program Wirausaha Baru Jawa Barat merupakan konsep pemerintah. 

Beberapa isi buku ini berhubungan dengan konsep mindset entrepeneurship, pengembangan ide bisnis, fungsi-fungsi dalam bisnis serta bagaimana memanfaatkan teknologi informasi yang pastinya sangat dibutuhkan oleh bisnis saat ini. Teknologi menjadi penting untuk meningkatkan kualitas bisnis yang saat ini sudah menjadi sumber keunggulan bersaing dari setiap perusahaan. 

Bu Dewi, dosen Unikom juga memberikan gambaran bagaimana buku tersebut ditulis dan pastinya, memberikan value bagi banyak orang yang ingin mengembangkan bisnis tersebut untuk kepentingan kualitas keputusan bisnis mereka masing-masing. Sebagai seorang akademisi, Dewi menyadari bagiamana pengetahuan penting bagi wirausaha muda dan sebagian mereka adalah para mahasiswa yang memiliki komitmen tinggi untuk sukses dengan berbisnis. 

Pak Ahmad Rosyad, dari Balatkop UMKM Jabar juga memberikan tanggapan bagaimana pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan wirausaha baru yang sukses. keberadaan buku ini sangat membantu wirausaha untuk meningkatkan kualitas mereka. Pegangan berupa buku dan juga modul akan sangat membantu dalam pengembangan kualitas dan jumlah wirausaha. Disinilah pentingnya wirausaha mendapatkan value. 

Disnilah bahasan yang penting dalam bedah buku minggu lalu dan memberikan kesempatan kepada wirausaha muda yang menjadi pendegar Radio PRo 2 RRI Bandung.  

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: