Kang Sofyan sebagai salah seorang owner Klinik Istana Sehat synergy yang menjadi salah seorang narasumber dalam kegiatan Nubiz, yang muda yang berbisnis pada hari Kamis ini,  memberikan sebuah inspirasi dan pelajaran yang luar biasa dalam rangka sharing kepada wirausaha muda yang sudah menjadi loyal dengan acara ini.

Aktivitas yang dilakukan oleh Kang Sofyan dan teman-teman di klinik tersebut sangat berhubungan dengan dunia kesehatan yang pastinya sangat mahal saat ini. Banyak hal yang ditemui tentang kesehatan dan ketika berkunjung ke rumah sakit, tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan agar mendapatkan layanan yang baik.

Fenomena inilah yang menjadi dasar bagi sofyan untuk mulai kegiatan klinik. “hal ini harus dirubah” katanya. Perubahan yang dimaksud adalah harus ada gerakan untuk memberikan layanan yang tepat dan bisa membantu seluruh lapisan masyarakat untuk bisa berobat dan pastinya bisa kembali sehat dalam kehidupan sehari-hari.


Diskusi dengan Sofyan benar-benar memberikan inspirasi yang luar biasa dan sebagai seorang wirausaha, inspirasi ini menjadi kekuatan yang luar biasa untuk bisa membuat bisnis yang semakin kuat. Kekuatan yang akan mampu menjadi perusahaan besar, memiliki daya saing dan juga tumbuh serta berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Pada akhirnya, ada satu konsep dasar yang bisa disimpulkan dari kondisi ini  yaitu bagaimana wirausaha itu perlu memiliki visi yang kuat terhadap bisnis mereka. Visi  yang merupakan impian dari setiap wirausaah untuk bisa membawa bisnis mereka untuk 10 tahun yang akan datang. Mau dibawa kemana bisnis tersebut nanti?

Semuanya menjadi dasar yang kuat untuk bisa berkembang dan tidak ada tawar menawar lagi untuk wirausaha agar bisa sukses. Visi inilah yang harus mendapatkan perhatian wirausaha saat ini ditengah banyaknya wirausaha yang tidak mampu membuat bisnis mereka bisa bertahan dalam jangka panjang.

Untuk itu, sudah saatnya wirausaha mulai membuat visi yang tepat dan bila sudah punya, mulai menganalisis visi tersebut kembali dan memperbaiki agar sesuai dengan yang seharusnya. Ini tugas yang tidak ringan, tetapi harus dilakukan oleh wirausaha agar bisa memberikan value yang lebih optimal bagi bisnis mereka.

Visi ini perlu memperhatikan beberapa hal yang penting, pertama, harus jangka panjang. Visi itu mencerminkan impian untuk 10 tahun yang akan datang sebagai sesuatu yang akan dicapai dengan baik. Dengan waktu panjang, wirausaha memiliki guidance  yang jelas dan tegas untuk dicapai dengan baik. Bila ada masalah, maka, akan kembali ke visi tersebut.

Selanjutnya adalah bagaiman wirausaha mulai berfikir untuk focus kepada kompetensi inti. Visi itu focus kepada kompetensi inti yang dimiliki oleh wirausaha agar bisa benar-benar memperkuat setiap bisnis mereka. Tidak perlu ragu lagi dengan bisnis tersebut dan bahkan akan menjadi dasar untuk bersaing dengan pebisnis lainnya.

Ketiga, perlu memimpikan untuk menjadi yang terbaik, terbesar, momor satu, terpercaya dan lain-lain yang mirip dengan ini. Kenapa demikian? Karena inilah posisi yang akan dicapai oleh wirausaha dalam lingkungan bisnis tersebut. Posisi yang akan menentukan bagaimana mereka harus mencapainya dan dimana harus dicapai. Hal ini relevan dengan konsep strategic management dimana posisi akan menjadi dasar untuk strategi selanjutnya.

Yang keempat adalah perlunya  batasan geografi yang jelas bagi wirausaha untuk membuat bisnisnya dimana. Sebagai contoh, wirausaha untuk menjadi terbaik di Kota Bandung, Jawa barat, Indonesia, ASEAN dan lain-lain. Hal ini menjadi salah satu indicator yang jelas bagi wirausaha nantinya.

Yang terakhir, visi ini harus bisa menjadi dasar untuk program-program bisnis yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Setiap program harus mendukung pencapaian visi dimana mereka akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hal yang sangat teknis.


Program-program juga akan menentukan anggaran serta SOP bagi bisnis .so… semakin jelas bahwa visi yang kuat menjadi dasar untuk bisnis wirausaha dan contohnya sudah diberikan oleh Kang Sofyan…

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: