Sumber Gambar: www.mediawise.eu
Salah satu pelajaran yang sangat berharga dari seorang Pak Nandang, operational director Rabbani ketika menjelaskan bagaimana Rabbani mengembangkan bisnis dibulan Ramadhan adalah bagaimana beliau memegang nilai-nilai bisnis selama menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis tersebut.

Nilai-nilai apa itu yang beliau tekankan di Rabbani tersebut? nilai-nilai ajaran Islam yang benar-benar menjadi pegangan dalam berbisnis dan menjadi acuan yang paling penting dalam setiap perjalanan bisnis mereka. Ada beberapa hal yang paling penting dipegang oleh manajemen dan karyawan Rabbani. Semuanya memegang teguh nilai tersebut.

Pertama, jelas, setiap karyawan memiliki nilai yang kuat tentang agama islam yang menjadi landasan perusahaan. Nilai ini ditunjukkan oleh bagaimana karyawan itu harus memahami Alquran dan juga sunnah rasul. Itu tidak bisa ditolak oleh setiap karyawan yang akan bergabung.



Kedua, karyawan harus berusaha untuk terus melakukan sholat tahajjut setiap malam. Hal ini menggambarkan bagaimana ketaatan seorang karyawan kepada Allah SWT dan meminta kepada Allah untuk mempermudah seluruh kegiatan di perusahaan.

Ketiga, karyawan juga diharapkan untuk mengisi absensi dengan sholat subuh di mesjid berjamaah. Sholat subuh berjamaah itu yang membedakan antara seorang muslim dengan orang yang munafik. Ini penting agar setiap karyawan dan manajemen memiliki persamaan cara pandang untuk sholat subuh berjamaah.

Keempat, karyawan juga diminta untuk menjalankan sholat dhuha setiap pagi sebelum memulai aktivitas. Hal ini penting untuk membuat setiap karyawan memiliki feel yang sama untuk berbisnis. Sholat dhuha membuat rejeki yang jauh semakin dekat, yang didalam bumi bisa keluar bumi, di atas langit bisa turun dan rejeki yang didapat itu bisa menjadi berkah.

Yang terakhir adalah bagaimana setiap karyawan beristighfar sebanyak 100 kali setiap pagi. Hal ini jelas untuk membuat setiap karyawan bisa membersihkan diri terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan.

Inilah pelajaran yang luar biasa dari Nubiz bersama Rabbani dan kalau dilihat dari konsep manajemen stratejik saat ini, yang membuat perusahaan bisa unggul saat ini adalah bagaimana mereka memiliki shared value atau nilai-nilai yang dibagi secara bersama berupa corporate values yang mengikiat setiap orang dalam perusahaan untuk terus bersama…. sukses buat kita semua…



Tulisan lainnya di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: