Rasanya, kata-kata ini perlu mendapatkan perhatian setiap orang, khususnya wirausaha yang benar-benar ingin sukses. Kata yang sangat sederhana, akan tetapi memiliki makna yang sangat dalam.

Berhitung... Makna nya berhubungan dengan bagaimana wirausaha perlu membuat sebuah analisis yang mendalam tentang bisnis mereka dalam konteks setiap orang harus mampu melakukan kalkulasi terhadap Setiap aktivitas yang ada dalam bisnis tersebut.

Aktivitas yang dimaksud adalah pertama, berhitung dalam menetukan strategi bisnis. Ini penting karena berhubungan dengan jangka panjang bisnis mereka yang harus terus tumbuh dan berkembang. Hitung-hitungan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.


Aktivitas kedua yang harus dihitung adalah keuangan dimana disini harus terukur kondisi keuangann, khususnya untung dan rugi. Selain itu bagaimana pengelolaan keuangan Perusahaan. Disinilah makna UUD itu adalah bisnis. Ujung-ujungnya Duit.

Aktivitas ketiga adalah pemasaran. Hitung-hitungannya pada aspek segmentasi, targetting, positioning, bauran pemasaran agar bisnisnya bisa melewati AIDA + puas + loyal....

Aktivitas keempat adalah proses bisnis yang harus dihitung dalam konteks SIPOC = supplier, input, process, output dan customer. Harus bisa memberikan kontribusi padacost efficiency dan peningkatan kualitas produk.

Aktivitas kelima, sumberdaya manusia. Disini yang harus diukur tingkat produktivitas karyawan itu sendiri.jelas, hal iini perlu karena menghitung output terhadap input berupa biaya untuk setiap karyawan.

Inilah yang dimaksud berhitung dalam bisnis dan harus dijalankan oleh setiap entrepreneur... Bagaimana dengan anda?
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: