Dalam satu satu pertanyaan yang disampaikan oleh sahabat K-Lite minggu lalu adalah bagaimana seorang penjual dalam menjualkan produknya tidak sesuai antara yang dijanjikan dengan yang diberikan kepada konsumen. Pada waktu proses transaksi, penjual menjelaskan bagaimana keunggulan produk yang mereka jual tersebut.

Akan tetapi, ketika dibawa pulang, produk yang dibeli tersebut jauh dibawah ekspektasi. Alangkah kecewanya konsumen mengetahui begitu jeleknya produk yang mereka beli dan berjanji tidak akan membelinya lagi. Bahkan mereka akan menyampaikan kekecewaan tersebut ke dalam social media yang ada sehingga diketahui oleh banyak orang.



Hal ini bisa saja terjadi pada bebagai proses penjualan produk, baik barang ataupun jasa kepada konsumen. Kenapa ini terjadi? Ada beberapa factor yaitu pertama, bisa jadi penjual memiliki target yang harus dipenuhi. Hal ini wajar saja karena akan mempengaruhi diri mereka. Target menjadi kunci yang harus dipenuhi untuk bisa dinilai berkinerja baik. Akibatnya, seringkali melakukan hal-hal yang tidak baik.

Factor kedua biasanya terlalu tinggi memberikan janji kepada konsumen agar mereka tertarik, berminat dan melakukan pembelian. Padahal, janji ini akan membentuk harapan atau ekspekstasi di benak konsumen yang akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen kepada produk tersebut.

Hal ini perlu mendapatkan perhatian bahwa seringkali menjadi factor penyebab untuk bagaimana bisnis mereka tida berjangka panjang. Tentu tidak baik bagi bisnis wirausaha yang sejatinya menjadi bisnis jangka panjang yang akan memberikan value bagi mereka sendiri.

Disinilah etika bisnis memegang peranan penting bagi wirausaha dalam proses menjual. Etika yang terdiri dari nilai-nilai yang berasal dari agama, adat istiadat dan bahkan hokum dan social yang menjadi pegangan setiap wirausaha dalam berbisnis. Tidak bisa dipungkiri bahwa etika menjadi factor kunci untuk sukses berjualan dalam jangka panjang.


Oleh karena itu, sudah saatnya wirausaha untuk mulai peduli dengan etika dalam berjualan untuk membuat bisnis mereka bisa berjalan dalam jangka panjang dan memuaskan setiap wirausaha kedepannya.

Tulisan ada di www.belbizonradio.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: