Sumber gambar: www.wikihow.com
Salah satu pelajaran yang paling berharga dari kelas GIMB Entrepreneur School kemaren adalah bagaimana tugas utama seorang wirausaha dalam membangun bisnis mereka untuk mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage dalam menghadapi tantangan saat ini.

Pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar yang harus dimiliki adalah berhubungan dengan pembuatan Standard Operation Procedure (SOP) dalam setiap kegiatan yang ada di perusahaan. Bahkan ada binaan yang kaget setengah mati ketika mengetahui begitu pentingnya SOP dan begitu rigidnya SOP yang harus dibuat.

Bicara tentang SOP, memang ini menjadi tantangan yang harus dilewati oleh wirausaha dalam menghadapi persaingan yang demikian tinggi dan mereka harus memiliki sebuah tool untuk bisa memenangkan pesaingan tersebut melalui proses bisnis yang harusnya bisa berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai kinerja yang optimal.



Oleh karena itu, sudah saatnya wirausaha untuk mulai diajak untuk berfikir lebih luas dan terbuka untuk bisa membuat bisnis mereka lebih teratur dan siap-siap untuk naik kelas. Perhatian wirausaha harus mulai berubah dari sekedar berjualan, kepada tingkatan yang lebih tinggi dengan membuat sebuah system manajemen bagi perusahaan mereka.

Setiap wirausaha memerlukan konsep yang kuat dalam proses bisnisnya dan itu dimulai dari kesadaran wirausaha untuk membuat desain proses bisnis yang kuat. Semua berawal dari proses bisnis yang sejatinya menjadi dasar untuk membuat SOP tersebut. Kalau disederhanakan, tentu akan diketahui konsep proses bisnis yang lebih luas.

Minimal bisa dimulai dari Konsep SIPOC yang merupakan singkatan dari Supplier, Input, Process, Output dan consumer yang masing-masing memiliki aktivitas dan saling berhubungan. Ada keterhubungan antara satu aktivitas dengan aktivitas lainnya dan pastinya akan sangat berpengaruh pada hasil akhirnya.

Pemetaan proses bisnis inilah yang akan menjadi guidance awal untuk membuat SOP bagi setiap bisnis yang dijalankan wirausaha. Proses bisnis akan dapat memperlihatkan bagaimana rincinya sebuah aktivitas bisnis dan pemetaan ini akan membuat dasar aktivitas yang lebih real.
Konsep dasar SOP adalah tulis apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis oleh setiap wirausaha. Menulis apa yang dikerjakan itu membutuhkan pengetahuan yang mendalam dan bahkan sudah menjadi habit bagi setiap wirausaha. Ini adalah awal yang baik dan perlu dipahami dengan baik. Hanya membuat kebiasaan baru saja untuk menuliskannya.

Menuliskan ini seringkali menghadapi kendala dari setiap wirausaha dan biasanya, masalahnya berhubungan dengan habit atau kebiasaan dari setiap wirausaha. Memang tidak mudah untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa, khususnya kebiasaan menulis. Memang biasanya, banyak orang hanya menjalankan saja tanpa menulis.

Hal ini terlihat pada kendala yang dihadapi oleh binaan kemaren dan pastinya berdampak kepada kualitas SOP yang mereka tulis. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini menjadi sesuatu yang biasa dan harus dilakukan perubahan mindset serta kebiasaan dari mereka untuk membuat lebih baik.

Kritisnya adalah bagaimana wirausaha memulai mindset yang baru tentang SOP dan memetakan setiap proses bisnis yang ada didalam bisnis tersebut. Tidak bisa lagi hanya berdasarkan kepada predisi dan yang dirasakan dan yang dilakukan sehari-hari. Banyak hal yang perlu dipetakan dengan baik karena saling berhubungan.

Selanjutnya adalah bagaimana wirausaha perlu mendalami proses bisnis itu dengan baik agar bisa memberikan optimasi dalam bisnis itu sendiri. Konsep TP = TR – TC akan selalu menjadi dasar untuk bisnis setiap wirausaha dan dihubungkan dengan SOP itu sendiri. Perlu mendalami dengan baik setiap proses yang ada dalam bisnis.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaiman wirausaha mulai menjalankan dengan baik dan konsisten SOP yang mereka buat. Ini bicara komitmen lagi sehingga bisa dilihat bagaimana wirausaha untuk mulai focus pada aspek implementasinya. Komitmen menjadi penting untuk mencapai hasil yang optimal.

Yang terakhir adalah perlunya melakukan continues improvement untuk setiap aktivitas bisnis yang sudah ditulis dalam SOP. Perbaikan terus menerus yang harus dilakukan untuk mendapatkan kualitas bisnis  yang lebih baik. So.. mulailah memperhatikan SOP bagi setiap wirausaha.



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: