Beberapa hari terakhir ini, saya disibukkan dengan pertanyaan dari wirausaha baru yang mendaftar dalam program Pencetakan Wirausaha Baru Jawa Barat untuk tahun kedua yang diselenggarakan oleh Dinas KUMKM Jawa Barat. Program yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas wirausaha di Jawa Barat sebagai bagian dari pencapaian 100.000 wirausaha baru di Jawa Barat yang notabene adalah program pemerintah Jabar.


Salah satu tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta adalah mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh dinas UMKM Jabar. Seleksi yang sudah diikuti adalah seleksi administrasi yang diselenggarakan melalui on line dengan mengirimkan data-data dan proposal setiap calon peserta program WUB. Seleksi administrasi ini menentukan apakah mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya berupa wawancara atau tidak karena akan menjadi penting.

Apa yang terjadi? Banyak sekali yang miss dalam tahapan ini. Bisa jadi mereka tidak terbiasa dengan system online dan membuat mereka menjadi kaget. Tidak banyak yang bisa mereka lakukan apabila berhubungan dengan system online yang notabene berhubungan dengan internet dank arena kebiasaan yang masih terlihat rendah di penggunaan internet untuk bisnis, membuat banyak calon peserta WUB yang kurang optimal. Pada akhirnya, mereka meminta kebijakan untuk memanfaatkan cara lain sebagai sebuah alternative dalam menghadapi ujian yang akan dihadapi di program ini.

Hal ini mengingatkan saya juga pada acara temu mitra bisnis yang diselenggarakan oleh Community Development Center (CDC) PT Telekomunikasi Indonesia di Pekalongan pada hari Senin yang lalu. Temu mitra bisnis yang bertujuan untuk sharing pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana seorang wirausaha mengurus perizinan kepada pemerintah dengan memiliki badan usaha berupa CV ataupun badan hukum beupa PT. Disela-sela memberikan materi kepada peserta, terlihat bagaimana teman-teman PT Telkom memberikan sharing tentang aturan yang harus diikuti sebagai binaan PT Telkom.

Apa yang terjadi? Terlihat bagaimana mitra binaan harus diberikan sebuah pendidikan untuk bisa mengikuti aturan selama menjadi mitra binaan. Ketika mereka mau mengikuti program-program yang disediakan oleh CDC PT Telkom seperti pameran baik di tingkat local, regional, nasional maupun internasional. Akan tetapi, mereka harus bisa mengikuti aturan yang sudah berlaku di program ini.

Apa yang bisa diambil pelajaran dari hal ini? Saya teringat konsep diri yang dimiliki oleh setiap wirausaha dan salah satunya adalah mereka sangat dipengaruhi oleh persepsi. Hal ini sangat berhubungan dengan bagaimana wirausaha itu perlu diberikan knowledge dan experience yang sangat mempengaruhi persepsi tersebut. Kedua factor ini sangat mempengaruhi persepsi, apalagi persepsi tentang bagaimana setiap wirausaha itu didik untuk mengikuti aturan yang sudah disepakati.

Pengetahuan tentang aturan yang berlaku, seperti kondisi yang dihadapi oleh peserta program wirausaha baru Jabar yang akan mengikuti program WUB dan juga mitra binaan PT Telkom di Pekalongan, perlu diberikan dengan baik sehingga mereka bisa mengetahui apa itu aturan yang akan diterapkan. Pengetahuan ini menjadi dasar untuk bisa masuk ke tingkat selanjutnya yaitu pemahaman. Mereka harus sadar mengapa mereka perlu menjalankan aturan. Tentu ada reward dan punishment dari perusahaan ataupun stakeholders yang menyelenggarakan program ini.

Tidak hanya sampai disitu, perlu memberikan penyadaraan kepada mereka tentang aturan. Hal ini berhubungan dengan manfaat bagi diri mereka sendiri. Kalau tidak menjalankan, akan rugi sendiri. Setelah itu, harus dipantau mereka menjalankan aturan, menjadi kebiasaan, perilaku dan karakter mereka dalam menjalankan aturan. Inilah salah satu aspek yang penting untuk membuat persepsi mereka kuat tentang aturan.


Pengalaman juga perlu diberikan kepada wirausaha dalam menjalankan aturan. Menunjukkan wirausaha yang berhasil menjalankan dan benefit yang mereka dapatkan akan memudahkan wirausaha untuk memiliki persepsi yang benar tentang menjalankan aturan. Inilah yang bisa membuat wirausaha Follow the rules selama menjalankan bisni… jangan biasakan mereka mendapatkan kemudahan atau pengecualian untuk menjalankan aturan…….

Tulisan ada di Koran Bisnis Bandung www.bisnisbandung.co.id 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: