Mulai hari kemaren, Negara Indonesia disibukkan dengan kegiatan peringatan konferensi Asia Afrika (KAA) yang ke 60 di Jakarta dan bandung. Sebagai seorang wirausaha, tentu diharapkan mampu mengambil manfaat atas apa yang terjadi dalam lingkungan sekitar dan berupaya untuk meminimalisir setiap ancaman yang timbul.

Banyak perubahan yang terjadi dalam minggu ini, khususnya dalam skema perjalanan yang melalui kedua kota besar di Indonesia. Perjalanan ke Jakarta ataupun di bandung juga harus diperhatikan agar tidak terganggu karena adanya pengalihan alur lalu lintas yang diberlakukan pemerintah.



Kemaren saja, banyak perjalanan di seputar Jalan Asia Afrika yang ditutup dan dialihkan ke jalur lain yang pastinya membuat perjalanan semakin jauh dan lama serta sembrawut. Akan tetapi, bukan itu masalahnya, yang penting adalah bagaimana perubahan yang terjadi di dlingkungan ini tidak mengganggu secara keseluruhan aktivitas bisnis setiap wirausaha.

Dalam hal ini, perlu mulai menata ulang perjalanan dan merencana sebaik mungkin alur perjalanan yang akan dilewati oleh wirausaha dalam menjalankan aktivitas bisnis hari ini. Setiap saat, lingkungan bisnis itu akan selalu berubah dan perubahan tersebut akan bisa menjadi ancaman atau peluang bagi wirausaha dalam membangun bisnis.

Oleh karena itu, akan sangat luar biasa ketika wirausaha fokus pada perubahanlingkungan yang akan bisa menjadi dasar untuk membuat strategi yang tepat untuk bisa tetap eksis dan unggul dalam bisnis berdasarkan strategi yang dibuat dengan mengacu kepada perubahan setiap lingkungan  yang ada di sekitar bisnis mereka. Konsep dasarnya adalah perubahan lingkungan ini tidak bisa di tahan, akan tetapi harus bisa analisisi.

Pada akhirnya, perubahan lingkungan itu harus bisa dioptimasi setiap peluang dan diminimalisir setiap ancaman yang ada sehingga mampu memberikan value yang optimal bagi setiap wirausaha. Demikian juga dengan kegiatan peringatan Konferensi Asia Afrika ini yang pastinya bisa memberikan peluang kepada setiap wirausaha dalam berbisnis.


Banyak peluang yang bisa diambil dari acara Konferensi Asia Afrika ini. Peluang dengan banyaknya pengunjung yang datang ke Kota Bandung dan juga ke Jakarta. Mereka berasal dari puluhan Negara dari Asia dan Afrika dan pastinya membutuhkan berbagai produk yang ditawarkan oleh bangsa Indonesia. Minimal, ada kesempatan untuk mengenalkan produk ke Negara lain dan ini adalah tantanganyang luar biasa selain peluang yang timbul dari acara ini. Apakah anda siap memanfaatkan peluang ini?  Bagaimana dengan anda? Hmmmmm…..

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: