Nubiz pada hari Kamis, 16 April 2015 kemaren sungguh berbeda karena mendatangkan dua orang pengusaha dari dua bisnis yang berbeda dan masing-masing memiliki differensiasi atau keunikan yang sangat kuat. Rasanya, tidak rugi kalau mendengarkan bahasan yang mereka sampaikan dalam program Nubiz ini.

“Inovasi atau mati dalam bisnis … inilah tema yang diambil. Inovasi menjadi karakteristik utama seorang wirausaha dalam menjalankan bisnis bisnis “ kata Meriza memulai bahasan dalam program ini. Inovasi memang menjadi karakteristik utama seorang wirausaha dalam berbisnis.


Tidak ada bisnis yang akan sanggup bertahan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi yang berdampak kepada bisnis mereka sendiri berupa peluang dan ancaman. Ketika ini terjadi, pastilah akan berdampak kepada bisnis setiap wirausaha.

“saya juga merasakan hal yang sama dalam bisnis Cilok goreng Setiabudi” kata Kang Redi yang merupakan adik dari pemilik usaha ini dan tentunya bekerjasama dengan kakaknya menjalankan bisnis tersebut. Perubahan selera masyarakat dan juga pesaing yang selalu mengikuti, menjadi hal yang mendasar untuk diperhatikan dalam bisnis ini.

“kami selalu melakukan inovasi dalam produk dan layanan kepadan konsumen” katanya. Saat ini, dia sedang mengembangkan produk baru dan akan di launching atau disampaikan kepada masyarakat untuk dinikmati nanti. Tapi, tidak mau membuka informasinya… rahasia katanya…..

Lain lagi dengan kang sofyan yang menjalankan usaha klinik kesehatan dengan nama Klinik istana sehat sinergi. Usaha ini bergerak di bidang kesehatan dimana beliau menganggap bahwa kesehatan itu mahal untuk sebagian orang, oleh karena itu, perlu dicarikan solusi untuk bisa memberikan bantuan kepada masyarakat agar bisa tetap sehat.

“kami selalu melakukan inovasi dalam menjalankan usaha ini” kata Kang Sofyan. Inovasi yang mereka lakukan adalah berhubungan dengan bagaimana memberikan layanan kesehatan dalam bentuk alternative pengobatan dengan memanfaatkan berbagai hal yang ada di sekitar. Salah satu inovasi yang dilakukannya adalah dengan terapi lintah.

Sofyan bahkan memberikan contoh bagaimana terapi ini mampu memberikan pengobatan kepada salah satu tim nya dan ditempatkan di lidahnya. Hal ini membuktikan bagaimana inovasi itu perlu untuk setiap layanan yang diberikan kepada konsumen. Akan tetapi, tetapi sofyan memperhatikan kaidah kesehatan dengan pendekatan diagnose terlebih dahulu.


Pertanyaan juga diberikan oleh pebisnis muda kepada Meriza dan narasumber tentang materi yang dibahas. Pada akhirnya, Meriza memberikan kesimpulan tentang bagaimana inovasi itu harus dilakukan oleh wirausaha agar bisnisnya bisa langgeng dan tidak mati.

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: