Kemaren, dalam satu kelas GIMB Entrpereneur School, pelajaran yang sangat berharga adalah bagaimana “memaksa” binaan yang notabene adalah pelaku bisnis yang selama ini menjalankan bisnis dalam waktu yang tidak sebentar dalam hitungan tahun. Mereka sudah memilih bisnis yang sebagian besar juga sesuai dengan potensi diri dan passion.

Akan tetapi, ada satu fenomena yang menarik karena mereka kurang memiliki pemahaman yang belum terlalu baik tentang konsep entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang pastinya menjadi point utama dalam bisnis setiap wirausaha. Tidak bisa dipungkiri bahwa konsep dasar dalam diri wirausaha harus diperkuat.



Oleh karena itu, wirausaha perlu memiliki pemahaman tentang konsep yang jelas. Pemahaman ini menjadi dasar untuk bisa sukses kedepannya untuk membangun bisnis yang lebih baik. Kalau dilihat dari konteks bisnis, perlu memperhatikan beberapa hal.,

Pertama, harus ada pengetahuan yang lebih baik dalam diri setiap wirausaha.  Pengetahuan yang dimaksud adalah pada tiga kelompok dasar yang berhubungan satu sama lain yaitu tentang konspe entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen.

Pengetahuan berhubungan dengan sejauh mana seorang wirausaha mengetahui dengan baik seputar what atau apa yang berhubungan dengan entrepeneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen. Ini akan menjadi dasar untuk mencapai kesusesan dalam berbisnis.

Tahu saja belum tentu cukup karena wirausaha harus paham kenapa mereka perlu mempelajari ketiga konsep tadi. Hal ini juga berhubungan dengan alas an mereka mempelajari. Oleh karena itu, perlu mereka menghafal ketiga konsep dasar tadi. Inilah yang dilakukan kemaren di GIMB Entrepreneur School dimana setiap binaan harus menghafal konsep.

Setelah itu, mereka diharapkan juga bisa memasuki fase penyadaran diri dimana mereka tahu apa manfaat untuk diri sendiri. Hal ini penting karena ketika sadar dengan manfaat untuk diri, akan merasakan begitu pentingnya pengetahuan tersebut. Mulai dari menghafal, akan bisa mengarahkan pada penyadaran diri.


Barulah setelah itu mereka akan melakukan pengetahuan, keterampilan tersebut dalam pekerjaan sehari-hari atau bisnis itu sendiri. Selanjutnya sampai menjadi habit atau kebiasaan, perilaku dan karakter. Inilah beberapa hal penting bagi wirausaha untuk ditingkatkan dalam diri mereka sehingga akan bisa memberikan value bagi bisnis dan diri sendiri.  

Tulisan ada di www.gimbers.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: