Ini adalah kalimat yang sangat saya perhatikan saat ini ketika banyak wirausaha yang meminta pendapat kepada saya tentang hal-hal yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen. Pertanyaan yang sangat sederhana.

Akan tetapi, jawaban atas pertanyaan ini tidaklah gampang karena berhubungan dengan bagaimana setiap wirausaha mampu memberikan value kepada perusahaan sembari juga value kepada karyawan mereka masing-masing.

Tentu dalam hal ini sangat diperlukan keseimbangan dalam memberikan value tersebut, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Salah sedikit, akan berdampak kepada bisnis secara keseluruhan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana wirausaha perlu mengetahui dan memahami dengan baik siapa karyawan mereka. Knowing your employees adalah konsep dasar yang harus dimiliki.

Pengetahuan yang baik tentang karyawan akan menjadi dasar dalam memberikan value kepada mereka. Hal ini menjadi guidance ketika akan memberikan sesuatu kepada mereka.

Apa saja yang perlu diketahui? Pertama dari sisi internal mereka dan hal ini berhubungan dengan persepsi, motivasi, learning, personality dan attitude mereka, khususnya jika dihubungkan dengan perusahaan setiap wirausaha.

Yang kedua adalah bagaimana aspek eksternal mereka dan berhubungan dengan keluarga, lingkungan sosial dan budaya masing-masing wirausaha.

Inilah yang perlu diketahui dari. Setiap karyawan sehingga value yang akan diberikan kepada mereka menjadi optimal.....
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: