Dalam menjalankan bisnis, seorang wirausaha sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang ada disekitar mereka, khususnya lingkungan yang paling dekat dengan diri mereka masing-masing yaitu keluarga. Lingkungan ini mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting.

Akan tetapi, hati-hati dengan kerangka berfikir seperti ini karena akan sangat naif bila seorang wirausaha mengabaikan lingkungan keluarga hanya karena dianggap sebagai sebuah support yang tidak terlalu berpengaruh.

Dalamkenyataannya, wirausaha akan menghadapi pengaruh yang luar biasa tentang lingkungan keluarga ini karena merupakan lingkungan yang palingdekat dengan setiap diri wirausaha dan akan menentukan bagaimana bisnis itu kedepan.



Dalam setiap gerak wirausaha, keluarga akan selalu ada sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa sudah sejatinya wirausaha selalu menjaga hubungan baik dengan bagian dari keluarga. Termasuk dengan pasangan hidup yang selalu mendampinginya dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi yang efektif akan sangat menentukan apa yang sedang dilakukan dan yang akan dilakukan oleh wirausaha. Tidak jarang dukungan yang sangat berarti dari pasangan hidup itu menjadi sumber daya yang mengalahkan yang lainnya dalam bisnis.

Inilah yang akan sangat terasa ketika wirausaha "berjibaku" dengan berbagai permasalahan. Bisnis yang tidak akan pernah berhenti. Permasalahan yang akan berdampak jangka panjang bagi mereka sendiri.

Bukalah komunikasi yang baik dan transparan sehingga semuanya akan jauh lebih baik dan memberikan manfaat bagi bisnis wirausaha dan kualitasnya akan bisa sesuai dengan harapan dalam mencapai tujuan bisnis.

Akhirnya, hasilnya pun akan bisa dinikmati oleh wirausaha dan keluarga mereka sendiri...
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: