Hmmmmm… salah satu bahasan yang dilakukan dalam acara Nubiz beberapa waktu lalu adalah bagaimana wirausaha perlu memanfaatkan komunitas untuk pengembangan bisnis mereka karena itu adalah salah satu bentuk social capital yang sejatinya menjadi perhatian wirausaha. 

Lalu, apa yang perlu diketahui tentang komunitas itu sendiri sebelum bergabung ke dalamnya? Tentu hal ini akan menentukan sejauh mana wirausaha akan mendapatkan value dari komunitas tersebut. Pengetahuan yang lebih dalam, akan berdampak kepada bagiamana mereka akan aktif di dalam.




Pengetahuan yang paling penting bagi wirausaha tentang satu komunitas adalah basis yang membentuk komunitas tersebut. Basis ini menjadi dasar untuk mencari kesesuaian dengan bisnis yang dijalankan sehingga pada akhirnya, bisa diputusin apakah komunitas ini cocok atau tidak dengan wirausaha.

Basis yang digunakan oleh orang-orang dalam mendirikan komunitas adalah kepentingan atau interest. Sederhana, akan tetapi,  kepentingan yang sama lah yang menyatukan orang dalam berkomunitas. Kepentingan ini seakan-akan menjadi alat pemersatu dan membuat komunitas tersebut kuat.

Kepentingan para komunitas kuliner akan membentuk komunitas yang berhubungan dengan kulier. Tentu kepentingan mereka adalah bagaimana mereka dapat berbagi informasi tentang kuliner sehingga bisa memberikan value kepada setiap anggota komunitas tersebut.

Kepentingan selanjutnya berhubungan dengan bagaimana mereka dapat melakukan interaksi satu sama lain dalam komunitas tersebut. Hal ini berhubungan dengan bagaimana anggota komunitas bisa melakukan networking satu sama lain sehingga bisnsi yang mereka jalankan bisa saling membantu.

Kepentingan lainnya adalah bisa bersatu untuk menghadapi ancaman dari luar bisnis mereka. Seperti adanya aturan yang akan mempengaruhi bisnis para anggota komunitas yang pastinya bisa dihadapi secara bersama-sama. Bahkan diantara mereka bisa melakukan advocacy terhadap anggota satu sama lain. Luar biasa…


Inilah yang perlu diperhatikan oleh wirausaha ketika berhubungan dengan komunitas dimana mereka dihadapkan kepada bagaimana semua orang bisa mendapatkan manfaat dari komunitas dengan memperhatikan kepentingan tersebut.

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: