Berikan yang terbaik untuk kepemimpinan dalam berbisnis… Itulah pesan yang selalu saya sampaikan kepada wirausaha muda dimanapun berada karena bisnis itu sangat ditentukan oleh sejauh mana pengaruh yang mereka miliki untuk bisa menggerakkan seluruh sumber daya yang ada dalam perusahaan.

Leadership tersebut menjadi factor kunci untuk sukses menggerakkan bisnis sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh manajemen dalam perusahaan.  Target yang berhubungan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.


Leadership itu memiliki konsep dasar bagaimana seorang wirausaha mampu mempengaruhi setiap orang dalam perusahaan dan bahkan dari luar perusahaan agar mau bergerak bersama-sama untuk mencapai tujuan. Gerak bersama-sama menjadi penting karena bisnis itu tidak akan bisa dicapai atau dikerjakan sendiri.

Oleh karena itu, perhatian kepada leadership quality perlu diberikan oleh wirausaha, khususnya untuk diri mereka sendiri. Leadership yang sejatinya mampu menjadikan bisnis mereka besar melalui orang lain yang bekerja dengan dan melalui diri mereka sendiri dalam perusahaan tersebut.

Inilah yang perlu mendapatkan perhatian secara terus menerus dan membuat seorang wirausaha mau belajar untuk meningkatkan pengaruh mereka kepada anggota tim ataupun orang dari luar perusahaan mereka. Pengaruh yang merupakan nilai intangible asset yang melakat pada diri mereka masing-masing.

Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas visi yang mereka miliki. Visi itu menjadi impian dan dasar bagi seorang leader untuk bergerak. Visi ini harus menjadi bagian dari visi karyawan atau tim sehingga mereka memiliki visi seorang leader dan mau bergerak bersama-sama.

Factor lainnya adalah kualitas keputusan yang dibuat oleh seorang leader. Keputusan ini penting untuk memastikan bagaimana mereka bertindak karena keputusanlah yang menjadi dasar tindakan setiap karyawan dalam perusahaan. Seringkali keputusan yang dibuat tidak berdasarkan logika yang kuat tetapi lebih kepada emosi. Hal ini akan menunjukkan rendahnya kualitas leadership seorang wirausaha.

Selanjutnya adalah kualitas komunikasi yang dimiliki oleh wirausaha. Komunikasi ini menghantarkan pesan dari perusahaan kepada konsumen. Komunikasi ini harus dilakukan secara efektif oleh wirausaha untuk membuat stakeholders mereka agar bisa bergerak bersama-sama.


Yang tak kalah penting bagi wirausaha dalam meningkatkan kualitas leadership tersebut adalah bagaimana mereka membuat tim yang kuat. Team building menjadi penting untuk sukses dalam berbisnis dan menggerakkan semuanya untuk mencapai tujuan. Kemampuan membuat tim yang tangguh menjadi kunci sukses wirausaha dalam berbisnis. 

Tulisan ada di www.gimbers.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: