Lingkungan bisnis saat ini sangat dinamis dan perubahannya begitu cepat sehingga dalam setiap perubahan, ada peluang yang perlu mendapatkan perhatian setiap wirausaha.Tidak hanya dalam ancaman yang selalu mendapat perhatian karena cara pandang ini akan sangat berbeda dengan yang lain.

Peluang itu bagaikan pasangan yang tidak dilepaskan dari ancaman setiap lingkungan bisnis. Peluang itu berasal dari market yang berhubungan dengan bagaimana mereka bisa memiliki daya tarik terhadap produk setiap wirausaha. Pada akhirnya, diharapkan akan ada transaksi bisnis.

Salah satu perubahan lingkungan yang saat ini terjadi di Kota Bandung adalah pelaksanaan peringatan konferensi Asia Afrika (KAA) yang ke 60 pada tanggal 24 April 2016. Jelas kegiatan ini tinggal beberapa hari lagi di Kota Bandung. Akan tetapi, persiapan untuk kegiatan tersebut sudah berlangsung beberapa bulan kebelakang.

Inilah yang disebut dengan peluang untuk wirausaha dimana mereka mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk-produk mereka. Bisa dilihat, berbagai kelompok masyarakat sudah mulai berdatangan ke Kota Bandung dan mereka membutuhkan layanan dan bahkan produk-produk wirausaha.

Ini adalah peluang yang perlu dimanfaatkan oleh wirausaha. Bahkan kemaren, ketika bertemu dengan beberapa pengusaha muda, mereka menyatakan bahwa bisnis mereka yang bergerak di bidang hospitality yaitu hotel, sudah penuh diminta untuk satu bulan selama bulan April ini karena pihak yang terkait dengan acara tersebut, membutuhkan tempat untuk menginap.

Inilah yang disebut dengan momentum yang harus mendapatkan perhatian wirausaha untuk bisnis mereka. Ingat, peluang ini tidak datang dua kali dan pastinya, kalau tidak dimanfaatkan, tidak akan memberikan manfaat yang optimal bagi bisnis mereka.

Rasanya, banyak sekali momentum yang datang dan bahkan bisa tercipta sendiri bila wirausaha mampu membuatnya. Peluang yang semestinya mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi wirausaha dan menghasilkan uang. Tinggal bagaimana wirausaha merubahnya menjadi bisnis.


Inilah yang harus disadari dan dimanfaatkan sebagai sebuah kesempatan untuk merubah bisnis. Kondisi ini mengingatkan kepada bagaimana wirausaha untuk selalu focus kepada lingkungan bisnis dan melihat itu sebagai sebuah peluang atau ancaman bagi bisnis masing-masing. Sudah saatnya wirausaha melakukan hal ini dan akan mampu membuat mindsetnya semakin kuat untuk mengembangkan bisnis.   Bagaimana dengan anda?...... hmmmm…

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: