Hari ini, saya berkesempatan untuk memberikan sharing tentang entrepreneurship kepada mahasiswa saya yang memang menjadi peserta dalam kuliah selama semester ini. Materi yang diberikan menjadi penting karena berhubungan dengan bagiamana wirausaha perlu mengenal lebih dekat keluarga mereka dan mendapatkan value dari keluarga untuk menjalankan dan menumbuhkemangkan bisnis.


Mendalami aktivitas orang tua berhubungan dengan sejauh mana setiap mahasiswa yang nota bene adalah calon entrepreneur muda sukses yang akan menjalankan bisnis secara optimal sehingga tercapailah tujuan bisnis yang intinya adalah bisa memberikan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Beberapa kesalahan yang seringkali ditemui pada diri seorang wirausaha adalah mereka kurang menggali potensi yang ada dalam diri dan keluarga sebelum menjalankan bisnis, sementara mereka berupaya untuk mendapatkan bisnis  yang tidak mudah untuk dijalankan. Tidak semua orang bisa melewati fase introduction dalam bisnis dan membuat bisnis tersebut fail.

Oleh karena itu, sudah saatnya seorang wirausaha untuk mulai mengenali aktivitas orang tua untuk dijadikan sebagai dasarmemilih bisnis dan bahkan bisa menjadi pilihan bisnis utama ketika orang tua mereka juga adalah pelaku bisnis. Jelas sekali bagaimana seorang wirausaha muda kalau mereka sudah mendapatkan knowledge, skill dan attitude yang diberikan oleh orang tua sejak mereka kecil.

Inilah potensi yang harus dimanfaatkan oleh setiap wirausaha. Potensi yang bagi setiap orang belum tentu didapatkan karena orang tua mereka bukanlah seorang wirausaha. Hal ini akan sangat penting untuk dipahami ketika akan bersaing dalam mendapatkan kesempatan pengembangan bisnis saat ini dan yang akan datang.

Sudah saatnya anak muda mulai mengenali dengan baik orang tua mereka beserta aktivitas yang pastinya seringkali dilupakan oleh banyak orang. Berbagai potensi yang ada di orang tua harus bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis, menumbuhkan bisnis dan bahkan mengembangkan bisnis. Jangan terjebak dengan apayang ingin dikembangkan sendiri karena belum tentu memiliki modal yang kuat.

Modal ini bisa saja intangible asset, tangible asset serta human asset. Banyak peluang yang bisa diberikan dan akan bisa membuat percepatan dalam bisnis setiap wirausaha… jangan lupakan potensi dari orang tua… 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: