Menjadi seorang coach dan mentor bagi para entrepreneur di kampus benar-benar menuntut diri untuk terus belajar, belajar dan belajar agar bisa memberikan yang terbaik kepada binaan itu sendiri. tidak ada waktu untuk berhenti dalam belajar, khususnya berbagai hal yang berhubungan dengan masalah-masalah mereka.

Salah satu metode pembelajaran yang luar biasa bagi entrepreneur agar mereka sukses adalah mendorong mereka untuk mengikuti lomba-lomba bisnis yang relevan dengan bisnis yang sudah dijalankan. Tidak terasa, lomba-lomba ini akan mampu membuat setiap entrepreneur mendapatkan pengetahuan, pengalaman serta attitude yang positif terhadap bisnis itu sendiri.



Buat seorang coach dan mentor itu juga memberikan dampa kepada dirinya. Ada pembelajaran yang luar biasa juga karena banyak hal baru yang didapatkan dari lomba-lomba tersebut. Pelajaran yang berhubungan dengan bagaimana setiap bisnis sangat dipengaruhi oleh lingkungan bisnis yang selalu berubah dan menuntut setiap entrepreneur harus bisa adaptif dalam perubahan lingkungan.

Bicara tentang perubahan ini, oleh Charles Darwin, It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is the mostadaptabletochange (bukan mereka yang kuat dan digdaya yang akan bertahan hidup, sebaliknya mereka yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahanlah yang akan hidup dan bertumbuh langgeng),

Lomba akan membentuk seorang entrepreneur dapat melihat diri sendiri dan juga pesaing lainnya dalam menjalankan bisnis mereka dan pada akhirnya mendapatkan pelajaran apa yang harus dilakukan agar bisa terus bertahan dalam bisnis mereka dan juga bahkan menjadi unggul atau competitive terhadap pesaing-pesaing mereka.

Dalam konteks manajemen, tentu seorang coach dan mentor mengenal dengan knowledge management atau bagaimana setiap entrepreneur mengelola pengetahuan yang mereka dapatkan dalam perjalanan bisnis mereka. konsep knowledge management ini penting karena selalu ditekankan bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang berbasis pengetahuan.

Ada proses dalam setiap knowledge management yaitu create, structure, share dan apply atas setiap pengetahuan yang mereka dapatkan. Setiap entrepreneur diharapkan bisa meng-create pengetahuan-pengetahuan dalam bisnis. Caranya? dengan mengikuti lomba yang ada dalam lingkup bisnis mereka.

Meng-create pengetahuan itu penting karena banyak hal yang harus diketahui dan dikembangkan oleh entrepreneur agar bisa mengadaptasi dan bahkan terus unggul daripesaing. Pelajaran yang luar biasa ketika mahasiswa yang notabene adalah entrepreneur didorong untuk mengikuti perlombaan bisnis yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga internasional yang ada di Jakarta.

Lomba tersebut mengambil tema bagaimana mendorong entrepreneur memiliki sikap kreatif dan inovatif dalam berbisnis karena dengan dua konsep inilah mereka akan terus maju untuk membuat bisnis mereka memberikan profit, people, planet, sustainability minimal untuk 10 tahun yang akan datang serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Saya dan mahasiswa dituntut untuk terus mendapatkan dan mengembangkan ide atas bisnis yang mereka jalankan. Ide ide tersebut tentu didapatkan dari diskusi, membaca buku, jurnal, artikel dan lain-lain. Inilah bagian dari kegiatan meng-create pengetahuan oleh setiap entrepreneur dan juga coach dan mentor nya.

Oleh karena itu, mengikuti berbagai lomba bisnis dapat membantu peningkatan pengetahuan seorang entrepreneur dan juga coach atau mentor nya. Menjadikan lomba sebagai salah satu kegiatan rutiin akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuan entrepreneur. sukses buat kita semua….


Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: