Bahasan dalam program Belajar Bisnis tadi malam di Radio K-Lite 107,1 FM sangat relevan dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh banyak wirausah ayaitu bagaimana mengelola karyawan karena tingginya tingkat turn over yang mereka alami dalam bisnis itu sendiri.

Bahasan ini sangat relevan dan diharapkan mampu memberikan value kepada wirausaha untuk peningkatkan atau optimasi produktivitas setiap karyawan dalamp erusahaan tersebut. Optimasi dengan melihat perbandingan antara output terhadap input yang sudah dikeluarkan perusahaan berupa kompensasi dan lain-lain selama mereka bekerja.



Inilah concern pertama yang dibahas oleh Meriza dalam program Belbiz. Pengantar untuk bahasanyang lebihdalam karena adapa pula Kunto Aji, pemimpin cabang Bank BJB Purwakarta, Redi yang merupakan adik owner CIlok Goreng Stiabudi serta Adam yang selalu menenami dalam diskusi ini.

Tugas seorang wirausaha dalam membangun bisnis nya menjadi lebih besar dengan memperhatikan karyawan agar bertahan untuk jangka panjang sehingga tidak menimbulkan cost yang besar tetapi malah meningkatkan kualitas layanan kepadan konsumen setiap saat. “Karyawan itu adalah asset yang harus di optimasi” kata Meriza dalam awal diskusi tersebut.

Sabahat Kunto Aji menambahkan bagaimana wirausaha itu perlu membuat aturan yang sangat jelas dan kuat yang bisa dipahami dengan baik oleh masing-masing karyawan ketika mereka bekerja. Hal ini diawali dengan penjelasan ketika mereka masuk kerjaan dan terus menjadi bagian dari perusahaan utnuk membuat perubahan yang besar.

“Kejelasan akan tugas dan tanggung jawab akan membuat karyawan semakin memahami siapa owner dan juga karyawan dalam perusahaan” kata dia. Hal ini akan membantu memperjelas posisi masing-masing dalam bekerja dan pada akhirnya memperjelas hak dan kewajiban dalam bekerja.

“Saya menerapkan kemitraan dengan karyawan” kata Redi  yang menjadi tamu dalam program Belbiz tadi malam. Kemitraan dengn karyawan yang akan mampu memberikan arahan yang kuat dan tepat bagi mereka dalam bekerja akan mempermudah saling pengertian satu sama lain.

Redi merupakan adik dari owner Cilok Goreng setiabudi yang sudah dikenal dengan cilok bagi konsumen. Orang bandung mengenal produk ini dan menyukai dan pengelolaan karyawan menjadi kunci sukses. Mempertahankan karyawan menjadi kunci suksesnya dan bersama-sama membangun perusahaan agar terus maju dan berkembang.

Adam juga menambahkan bagaimana menjadi seorang wirausaha dengan memperhatikan karyawan bagaikan sebuah sparepart bagi kendaraan karena kalau tidak ada sparepart, mobil tidak akan berjalan dengan baik. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana membuat karyawan untuk menjadi lebih baik.

Pertanyaan juga disampaikan oleh sahabat K-Lite dalam acara ini dan Meriza serta Kunto Aji memberikan tanggapan pada setiap pertanyaan yang mereka sampaikan. Inilah yang menjadi bahasan utama dari acara tadi malam.


Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: