Rasanya, pernyataan ini perlu diperhatikan oleh setiap wirausaha dalam membangun bisnis. Kemaren, saya berkesempatan memberikan sharing dengan teman-teman yang memiliki sebuah perusahaan dibidang klinik dan sudah berbentuk jaringan dimana ada 10 cabang yang mereka miliki. Luar biasa….

Fakta ini adalah sebuah fakta yang luar biasa karena berhubungan dengan bagaimana mereka bisa membangun bisnis yang sudah berkembang dan memperkerjakan banyak orang. Selain itu, mampu juga memberikan layanan kepada banyak masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.


Namun demikian, ada satu kondisi yang dihadapi oleh mereka dimana mereka sangat membutuhkan pengembangan manajemen yang lebih baik. Dalam konteks ini, perlu dikembangkan system manajemen atau management system yang diperlukan dalam pengelolaan klinik tersebut yang pastinya bisa menjadi lebih besar.

Perubahan yang terjadi dalam perusahaan teman saya ini tentu harus dilihat secara lebih menyeluruh karena tidak mungkin secara parsial karena akan berdampak kepada hasil akhir yang dicapai oleh wirausaha. Maksudnya adalah bagaimana perubahan dilakukan oleh setiap orang dalam perusahaan.

Khususnya adalah bagaimana perubahan yang dilakukan oleh owner sebagai pihak yang memiliki perusahaan dan berwenang dengan setiap perubahan dalam perusahaan tersebut. Owner harus menjadi orang yang paling depan. Kalau dalam konteks perang, mereka harus menjadi panglima dalam perubahan.

Inilah yang menjadi catatan kemaren dalam perubahan dalam bisnis, apalagi perubahan dalam manajemen perusahaan. Manajemen yang seharusnya mampu menggerakkan perusahaan secara lebih baik dan terus berkembang. Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka akan bisa berkembang dengan baik. So.. mulailah dari owner…

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: