Networking.. atau bahasa lainnya adalah jejaring menjadi kunci untuk sukses dalam berbisnis yang saat ini memanng menjadi salah satu konsep yang sangat penting dalam membangun bisnis. Networking yang kalau dilihat dalamkerangka manajemen stratejik dan dihubungkan dengan wirausaha, itu adalah social capital atau modal social.

Modal yang tidak perlu dibeli tetapi ada di sekitar wirausaha dan harus dimanfaatkan secara optimal agar mampu memberikan kontirubusi yang optimal bagi bisnis mereka masing-masing, inilah kuncinya yaitu optimasi pada social capital atau modal social yang pastinya sangat diperlukan oleh wirausaha untuk menggapai kesuksesan.


Di GIMB Entrepeneur school. Networking ini menjadi salah satu materi dan benefit yang harus dimanfaatkan oleh wirausaha, khsusunya siswa yang menuntut ilmu di sekolah ini. Setiap siswa harus mampu memberikan perhatian dan bahkan melakukan berbagai hal untuk bisa meningkatkan jaringan sesame pengusaha di dalam bisnis.

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai program yang sudah dirancang di GIMB. Ada program I Love Business yang mempertemukan wirausaha denga yang lain sesame pengusaha juga. Kegiatan sekali sebulan ini sangat terasa manfaatnya karena ada silaturahmi dengan orang lain yang berbuntut kepada bisnis itu sendiri.

Untuk bisa memanfaatkan jaringan dengan baik dan secara optimal, maka wirausaha perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama adalah karakteristik jaringan atau komunitas yang akan diikuti. Hal ini penting karena berhubungan dengan apa yang akan dilakukan bersama komunitas tersebut. Ketika ada komunitas, maka perhatikan lagi karakteristik dan tujuan mereka.

Kedua, perhatikan kepentingan dari masing-masing anggota dalam komunitas itu. Ketika seseorang bergabung dengan komunitas, mereka memiliki kepentingan yang sama dan akan menjadi tanggung jawab masing-masing untuk mendapatkan kepentingan tersebut. Jelas, ketika ada kesamaan kepentingan, maka mereka akan berupaya untuk  mengoptimasi manfaatnya

Ketiga, sejauh mana mereka akan aktif dalam komunitas tersebut. Aktivitas ini menjadi penting agar bisa mendapatkan value yang optimal bagi wirausaha. Optimasi berupa aktivitas akan menentukan benefit saat ini dan yang akan datang. Tinggal bagaimana setiap orang bisa menilai apa yang mereka lakukan akan  bermanfaat untuk bisnisnya.


Disinlah pemaknaan networking dengan baik dan memanfaatkannya dalam bisnis masing-masing. Jangan sampai mereka tidak melihat jaringan ini sebagai sebuah potensi yang harus dimanfaatkan dengan baik. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: