Tanggung jawab seorang wirasuaha dalam konteks manajemen stratejik adalah bagaimana mereka perlu melakukan analisis terhadap posisi perusahaan di pasar. Posisi ini menjadi penting karena berhubungan dengan pilihan strategi bisnis yang akan mereka pilih dan jalankan nantinya.

Ketika seorang wirausaha harus mencapai keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan dalam bisnis, maka, wirausaha benar-benar berhitung dengan perubahan lingkungan yang ada, baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal mereka sendiri.


Akan bisa diketahui sejauh mana posisi bisnis wirausaha terhadap lingkungan internal mereka dengan indicator kekuatan dan kelemahan serta posisi terhadap pasar dmana ada peluang dan ancaman yang selalu akan hadir terhadap bisnis tersebut. Semuanya akan dibuat dalam konteks matriks.

Inilah yang akan menentukan strategi bisnis wirausaha dalam memberikan value kepada mereka. Strategi yang sejatinya menjadi rencana jangka panjang yang menghubungkan lingkungan internal dan lingkungan eksternal dalam rangka pencapaian tujuan bisnis bagi setiap wirausaha.

Ketajaman analisis setiap wirausaha untuk menentukan posisi di pasar akan sangat penting bagi masa depan. karakteristik strategi itu adalah jangka panjang dan salah satunya dalam kerangka waktu 10 tahun yang akan datang. Tidak dapat dipungkiri dengan masa waktu 10 tahun, akan bisa berkontribusi pada bisnis dalam pencapaian tujuan.

Ketika wirausaha mendapatkan posisi bisnis dimana terdapat kekuatan dan peluang, atau kekuatan rata-rata dan peluang ada atau kekuatan yang tinggi dengan peluang rata-rata, maka itu akan memberikan pilihan strategi untuk melakukan ekspansi di pasar tempat wirausaha menjalankan bisnis. Ekspansi dengan menambah cabang dan lain-lain ataupun melakukan investasi.

Posisi lainnya adalah bagaimana wirausaha menemukan posisi mereka lemah, tetapi peluang ada, internal dan eksternal dalam posisi rata-rata serta internal yang kuat dan eksternal yang penuh ancaman, maka pilihan strategi yang dipilih adalah bagaimana wirausaha perlu melakukan stability.

Yang terakhir, ketika internal wirausaha itu lemah, pasar rata-rata, atau internal lemah, pasar penuh ancaman, atau internal rata-rata, pasar ancaman, maka pilihan strategi yang tepat adalah penciutan atau retrenchment di pasar itu sendiri.

Inilah yang perlu dilakukanoleh wirausaha untuk bisnis mereka ketika bisnis yang dijalankan untuk jangka panjang. Tetaplah focus kepada bagaimana menjadi ahli strategi untuk bisnis dengan memperhatikan perubahan lingkungan bisnis setiap saat. Tidak ada hal yang lebih penting daripada bagaimana wirausaha mampu menganalisis perubahan lingkungan bisnis.


Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: