Salah satu tantangan wirausaha dalam berbisnis adalah bagaimana mereka mampu melihat bisnis itu ke depan. saya teringat dengan konsep yang harus dijawab mereka yaitu where do you want to go. Mau kemana bisnis ini akan dibawa? Sederhana pertanyaannya, akan tetapi, seringkali susah untuk dijawab dan akan berdampak kepada bisnis itu sendiri.

Pertanyaan itu harus dijawab dengan baik oleh setiap wirausaha. Sejauh mana mereka bisa melihat bisnis itu? Hal ini berhubungan dengan dimensi waktu yang memang seringkali dilupakan oleh wirausaha dalam berbisnis. Dimensi waktu yang sejatinya mampu memberikan arahan yang tepat kepada mereka.



Biasanya, minimal untuk 10 tahun ke depan, seorang wirausaha harus bisa menjawab pertanyaan ini. 10 tahun adalah waktu yang cukup untuk menjadi arahan dalam mencapai tujuan bisnis karena itu banyak sekali hal-hal yang mungkin tidak diduga akan terjadi dan pastinya, akan berdampak kepada bisnis.

Ketika wirausaha memiliki arahan yang jelas selama 10 tahun, maka mereka akan mampu memberikan kekuatankepada diri dan tim mereka untuk menjadi pegangan dalam menjalankan bisnis. Pegaganan yang sejatinya akan membuat bisnis mereka kuat dan semakin kuat.

Disinilah perlunya wirausaha untuk melakukan perenungan terhadap bisnis mereka. Perenungan yang akan membuat mereka melihat secara lebih mendalam terhadap bisnis tersebut dan akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi bisnis mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa kedalaman ini akan bisa membuat jauh lebih baik bisnis mereka.

Selain perenungan, wirausaha perlu melihat ke dalam diri mereka sendiri, bagaimana kekuatan dan kelemahan yang mereka miliki. Seringkali orang terjebak ke dalam kondisi tidak fair atau tidak adil melihat diri sehingga banyak hal yang mereka abaikan dari diri tersebut.

Ketika sudah diketahui kekuatan dan kelemahan, inilah waktunya untuk mengoptimasi kekuatan dan meminimalisir kelemahan diri tersebut. Wirausaha akan optimal mendapatkan value dari evaluasi ini.

Barulah setelah itu melihat peluang dan ancaman dari lingkungan bisnis yang akan jauh lebih baik bisa mendapatkan berbagai pengetahuan tentang lingkungan tersebut khususnya yang berhubungan dengan konsumen, pesaing, supplier, distributor dan juga politik, ekonomi, social budaya dan teknologi.


Ketika ini semua sudah didapat oleh wirausaha, akan lebih memudahkan untuk membuat rencana jangka panjang, 10 tahun kedepan sehingga mereka bisa menjawab sejauh mana mereka mengetahui bisnis. Pertanyaan yang simple, tetapi harus dijawab oleh wirausaha…..

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: