NIlai yang memang benar-benar harus dipegang oleh setiap wirausaha dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mereka menjadi seorang ahli strategi untuk bisnsi tersebut dan mampu mencapai keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan dengan pelaku usaha lainnya di dunia saat ini. Inilah tantangan bagi setiap wirausaha

Konsep dasar yang harus mereka miliki adalah bagimana bisnis tersebut memiliki superior value untuk setiap konsumen yang sudah disuguhi oleh berbagai nilai dari pesaing yang pastinya bisa lebih baik daripada wirausaha itu sendiri. Nilai yang merupakan tujuan setiap konsumen saat ini dan selalu mencari nilai yang lebih baik atau superior.


Dalam konteks bisnis, tingkat persaingan saat ini benar-benar memanjakan konsumen dengan nilai-nilai yang pastinya sangat diperlukan oleh konsumen untuk membeli. Persaingan akan memberikan value yang paling baik dan disinilah tantangan untuk setiap wirausaha mulai memikirkan bagaimana mereka mampu memberikan superior value kepada konsumen.

Superior value berhubungan dengan bagaimana wirausaha untuk mulai focus kepada penciptaan nilai kepada  konsumen. Inilah yang pertama yang perlu menjadi perhatian wirausaha. Nilai itu berhubungan dengan produk yang mereka beli dan pada hakekatnya, bukan lagi sebuah produk biasa.

Dalam nilai, terkandung benefit dengan cost dan disini, benefit harus menjadi manfaat yang optimal yang didapatkan dari wirausaha oleh konsumen. Benefit tersebut terdiri dari beberapa hal yang pastinya perlu disesuaikan dengan target market setiap wirausaha. Tidak bisa disama ratakan.

Ada produk itu sendiri yang pastinya dilihat dari standar kualitas yang dimiliki dan hal ini mengacu kepada kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Kualitas itu dilihat oleh konsumen dan basisnya juga dari konsumen. Inilah yang harus dipenuhi oleh wirausaha. Banyak produk yang gagal ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen meskipun kelihatannya, produk tersebut memang bagus.

Setelah itu, dilihat dari layanan yang diberikan, keramah tamahan serta imaget atau citra yang melekat pada produk tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan oleh konsumen dan akan selalu dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing. Tidak semuanya bisa bertahan lama karena pesaing akan memberikan yang terbaik berdasarkan konsep ATM, amati, tiru dan modifikasi.

Selain benefit, wirausaha juga harus memperhatikan cost atau pengorbanan yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut. Pengorbanan ini harus menjadi hal bersifat penting karena berhubungan dengan jumlah yang harus dikeluarkan tersebut diharapkan bisa lebih kecil dari pada benefit.

Ada empat cost yang harus diperhatikan yaitu monetary cost berupa uang yang mereka keluarkan untuk mendapatkan produk tersebut. Biaya dalam bentuk rupiah akan sangat terlihat oleh konsumen. Selain itu, ada biaya yang berhubungan dengan waktu,  energy dan juga psikis yang akan berdampak kepada total nilai yang didapatkan oleh konsumen.

Inilah value yang harus mendapatkan perhatian setiap wirausaha ketika menawarkan produk kepada konsumen. Hanya saja, nilai ini harus dibandingkan dengan pesaing juga. Pesaing akan selalu menawarkan yang terbaik dan oleh karena itu, superior value menjadi kunci sukses dalam mendapatkan dan mempertahankan pesaing.

Yang kedua yang perlu diperhatikan oleh wirausaha adalah bagiamana focus  pada superior value bagi setiap konsumen. Hal ini relevan dengan tingkat persaingan tadi. Sudah saatnya perhatian diberikan pada apa yang dibutuhkan oleh konsumen sembari memperhatikan apa yang ditawarkan oleh pesaing.


Ketika ini sudah dilakukan, tentu konsep competitive advantage dapat dicapai oleh setiap wirausaha dalam berbisnis dan kinerja usaha mereka akan lebih baik. Bagaimana dengan anda?

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: