Dalam kontek bahasan di Program Belajar Bisnis (Belbiz) yang diselenggarakan di Radio K-Lite 107,1 FM minggu lalu, bahasan tentang smart selling menjadi perhatian dan banyak sahabat K-Lite yang memberikan komentar dan perttanyaan seputar bagaimana melakukan smart selling tersebut.

Hal ini tentu perlu mendapatkan perhatian dan bahasan agar bisa memberikan kontribusi kepada banyak orang yang memang ingin meningkatkan kualitas penjualan mereka. Kualitas penjualan yang pastinya akan mempengaruhi setiap aspek dalam bisnis mereka nantinya. Termasuk juga business process, sumber daya manusia dan bahkan keuangan.



Untuk mendapatkan kemampuan smat selling dengan baik, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana wirausaha bisa meningkatkan kemampuan teknik komunikasi mereka karena ini menjadi salah satu perhatian dalam melakukan smart selling. Komunikasi yang terjadi antara wirausaha dengan konsumen menjadi factor kunci untuk membuat hal tersebut bisa berjalan dengan baik.

Teknik komunikasi yang dimaksud adalah bagaiimana komunikasi yang bisa mempengaruhi calon konsumen sehingga mau membeli produk dari perusahaan. Hal ini sangat berhubungan dengan proses dimana wirausaha harus mampu memanfaatkan NLP sebagai salah satu teknik komunikasi yang seringkali digunakan oleh tenaga penjual dan bahkan terus berkembang di masyarakat.

Neuro Linguistic Program adalah teknik komunikasi yang lagi “in” dimasyarakat dimana melalui teknik ini, dapat mempengaruhi orang lain sehingga komunikasi tersebut dapat berdampak efektif ketika orang akan menjual. Tentu setiap wirausaha perlu mendapatkan pelatihan tentang teknik komunikasi ini.

Namun demikian, tidak hanya untuk dipelajari, akan tetapi digunakan dan terus diasah kemampuan tersebut. Seringkali orang hanya terjebak pada pelatihan yang sudah didapatkan, akan tetapi tidak mampu menggunakan dalam pekerjaan. Sangat sia-sia dan disayangkan ketika ini terjadi pada banyak wirausaha. Apalagi mereka tidak mengembangkan ketermapilan tersebut.


Oleh karena itu, perlu rasanya wirausaah untuk menyempatkan waktu mereka mendalami teknik komunikasi NLP dan memanfaatkan dalam dunia bisnis mereka untuk berjualan. Saya yakin, pendekatan dan teknik NLP sangat bisa memberikan dampak positif kepada penjualan mereka.

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: