Sebagai seorang wirausaha, tentu tantangan yang paling besar saat ini adalah bagaimana mengelola waktu yang pastinya dengan begitu banyak aktivitas yang harus dilakukan, semuanya menuntut untuk dilaksanakan secara optimal dan akan berdampak kepada setiap tindakan mereka. Hanya masalahnya, apakah bisa dijalankan atau tidak sehingga nantinya bisa semuanya berjalan.


Pastinya, akan ada kendala yang akan dihadapi oleh setiap wirausaha dalam menjalankan setiap aktivitas dimana ada kegiatan yang bisa dijalankan dan ada juga yang tidak karena dihadapkan pada keterbatasan waktu yang tidak gampang untuk dikelola. Keterbatasan dalam waktu ini adalah sesuatu yang lumrah karena memang sumber daya yang paling susah adalah waktu.

Waktu itu bagaikan pedang… begitu tajam dan salah menggunakannya, pasti akan melukai diri.. itu adalah perumpamaan yang yang seringkali disampaikan oleh banyak orang. Bagaimana waktu itu begitu singkat dan sejatinya seorang wirausaha harus bisa memanfaatkannya dengan baik untuk keperluan bisnis mereka.

Ketika saat ini wirausaha sudah menyadari keterbatasan waktu, maka yang perlu dilakukan adalah time management. Bagaimana seorang wirausaha bisa mengelola waktu dengan baik sehingga mereka bisa menjalankan aktivitas, khususnya bisnis dengan baik dan akan berdampak kepada kualitas bisnis mereka.  

Dalam konteks ini, wirausaha perlu mengelola waktu yang ada dan memilih aktivitas yang harus mereka jalankan. Ada juga pilihan pada aktivitas yang tidak perlu dijalankan sehingga dapat memberikan kontribusi optimal kepada bisnis itu sendiri. Tidak boleh membiarkan diri dalam ketidakpastian.

Ada beberapa pilihan untuk aktivitas tersebut yaitu dengan membandingkan tingkat urgensi dan tingkat kepentingan. Pada posisi pertama, dimana ada aktivitas yang urgen dan penting, disini, wirausaha diharapkan memberikan prioritas pertama karena urgensi dalam hal waktu yang harus dilakukan cepat dan penting dalam hal manfaat.

Kedua adalah urgen, tetapi tidak penting. Hal ini berhubungan dengan dimensi waktu yang cepat, tetapi manfaatnya tidak begitu bagi wirausaha. Aktivitas ini bisa diabaikan. Demikian juga dengan tidak urgen, tetapi penting. Hal ini bisa ditunda.

Yang keempat adalah kondisi dimana ada akvitas yang tidak penting dan tidak urgen. Hal ini tidak perlu dilakukan. Seringkali wirausaha akan menghadapi kondisi ini dan untuk itu, perlu melakukan analisis terhadap setiap aktivitas agar bisa memilih keputusan dengan memanfaatkan waktu yang sangat terbatas…. Bagaimana dengan anda?.....


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: