“Coach.saya ingin memberikan manfaatkan kepada banyak orang apakah saya salah dalam membangun bisnis ini? Karena banyak orang bilang diawalnya adalah profit begitulah yang disampaikan oleh salah seorang peserta dalam program pelatihan entrepreneurship.

Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh entrepreneur dan saya harus bisa memberikan jawaban yang tepat karena berhubungan dengan salah satu misi yang harus ditetapkan oleh entrepreneur. Kalau salah memberikan jawaban, tentu akan berdampak kepada bisnis itu sendiri.



Misi perusahaan adalah berhubungan dengan alasan yang menyebabkan entrepreneur menjalankan bisnis tersebut. Alasan inilah yang menggerakkan dirinya agar bisa berbisnsi dengan baik. Seringkali saya temui bahwa entrepreneur kurang memahami misi sehingga membuat mereka berbisnis kurang bersifat stratejik.

Salah satu misi yang harus ditetapkan adalah memberikan manfaat bagi banyak orang. Saya menjadi teringat dengan sumber inspirasi saya dalam program Nubiz yaitu sahabat Iwan yang berbisnis cilok goreng yang sudah menjalankan bisnisnya sejak tahun 2000.

Memberikan manfaat kepada orang lain memang harus menjadi salah satu misi seorang entrepreneur karena berhubungan dengan keberadaan mereka yang bisa membuka lapangan pekerjaan kepada karyawan yang notabene adalah orang-orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Tinggal nantinya entrperneur bisa mendefisinikan tujuan dan syarat untuk setiap calon karyawan untuk bergabung dengan perusahaan. Seringkali spesifikasi ini akan menentukan keberhasilan mengoptimasi potensi yang ada dalam setiap diri entrepreneur.

Selain itu, entrepreneur juga memberikan manfaat kepada orang-orang yang ada di sekitar tempat entrepreneur berbisnis. Orang-orang ini adalah mereka yang mempengaruhi ataupun terpengaruh dengan kebijakan ataupun operasional perusahaan entrepreneur. Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka itu penting bagi entrepreneur karena nantinya akan memberikan manfaat ataupun bahkan menjadi ancaman bagi entrepreneur.


Oleh karena itu, sudah mejadi kewajiban entrepreneur untuk focus dalam membangun misi dengan memberikan manfaat bagi banyak orang.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: