Tidak ada bisnis yang akan berhasil kalau tidak disiplin dalam menjalankannya. Inilah yang saya rasakan ketika mengembangkan beberapa bisnis yang secara bersamaan dan ini merupakan dampak dari aktivitas pembelajaran bisnis yang selama ini saya lakukan kepada para entrepreneur.

Orang-orang sukses dalam membangun bisnis itu memiliki karakteristik yang sangat unik yaitu bagaimana mereka sangat disiplin dalam membangun dan mengembangkan bisnis tersebut. Inilah yang membedakanmereka dengan orang lain dan bahkan dengan entpreneur lainnya dalam menjalankan bisnis. Hal ini membuat disiplin itu menjadi sangat penting.



Disiplin merupakan bagaimana entrepreneur menjalankan apa yang sudah disepakati dan ditetapkan oleh entrepreneur secara terus menerus. Mereka harus focus kepada bagaimana setiap rencana itu dijalankan. Tidak ada tawar menawar dalam diri entrepreneur untuk itu.

Disiplin ini harus dimulai dari diri entrepreneur itu sendiri. Tidak boleh menunggu bawahan untuk melakukannya sehingga nantinya mereka akan berprasangka bahwa ownernya saja tidak disiplin, buat apa mereka juga harus disiplin. Tentu hal ini perlu menjadi perhatian entrepreneur dalam bisnisnya.

Setiap aspek yang sudah disepakati, harus dijalankan entrepreneur dan seharusnya mereka itu harus bisa memulai sebelum jadwal yang sudah ditetapkan atau disepakati. Semuanya menjadi berarti bagi pembentukan persepsi tim ketika entrepreneur harus menjalankan apa yang sudah disepakati tersebut.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu menetapkan dalam diri sendiri bahwa mereka harus disiplin dan menjadikannya sebagai corporate values yang harus dijalankan oleh setiap orang dalam perusahaan, termasuk entrepreneur itu sendiri.

Yakinlah bahwa ketika entrepreneur bisa disiplin dalam bisnisnya, akan bisa membuat bisnis itumenjadi jauh lebih besar dan terus berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. .

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: