Gambar: putrikartikasuritniad.wordpress.com
Inilah kata yang cukup berat untuk terus dipertahankan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya. bagaimana membuat setiap diri mereka menjadi disiplin untuk berbisnis. orang bisa saja menyatakan bahwa mereka itu disiplin, akan tetapi, dalam pelaksanaannya, luar biasa tantangannya.

Konsep disiplin berhubungan dengan bagaimana setiap enterpeneur harus bisa menjalankan apa yang sudah disepekati bersama dan dibuat dalam aturan atau ketetapan. Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur tidak memiliki konsep tolerasi untuk tidak melakukan sesuatu yang sudah ditetapkan tadi. apalagi menyangkut kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis.

Ada kalanya entrepreneur harus menghadapi bagaimana mereka mengalami penurunan dalam motivasi diri yang disebabkan oleh perubahan lingkungan sehingga menimbulkan masalah dalam diri mereka. Tentu hal ini akan membuat entrepreneur menjadi demotivasi yang nantinya akan berdampak kepada kinerja di perusahaan.

Sementara itu, karyawan di bawah mereka selalu melihat dan meniru apa yang dilakukan oleh atasa tersebut. mereka tidak mau tahu bagaimana kondisi psikologi dari owner perusahaan. Tentu ini akan menjadi masalah ketika entrepreneur memiliki karyawan yang tidak bisa memahami dengan baik kondisi pemilik perusahaan tempat mereka bekerja.

Mereka seringkali melakukan perbandingan tentang bagaimana setiap entrepeneur itu melakukan kesalahan dan dijadikan sebagai justifikasi atau pembenaran ketika menghadapi masalah dalam bisnis. Hal ini tentu tidak baik dan harus diminimalisir kepada setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur dituntut untuk bisa membuat diri mereka selalu disiplin dan taat kepada peraturan atau kesepakatan yang sudah dibuat agar bisa lancar dalam menjalankan bisnis tersebut dan ditiru secara baik oleh setiap karyawan. mereka membutuhkan figur yang bisa dijadikan contoh untuk ditiru.

Dalam pembentukan budaya perusahaan, hal ini menjadi sangat penting agar bisa membuat setiap orang dalam perusahaan memiliki pemahaman yang sama serta menghayati bahwa keberadaan mereka dalam perusahaan sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis yang selalu ditetapkan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang.


Saatnya entrepreneur untuk fokus dalam menegakkan disiplin dalam diri mereka sendiri agar bisa membuat keyakinan setiap karyawan untuk memiliki budaya perusahaan yang kuat. Hal itu harus dimulai dari diri sendiri agar bisa sukses dalam usaha yang dijalani.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: