Menjadi seorang wirausaha yang sukses berbasis pengetahuan dan menjadi ahli strategi, tentu harus memiliki sebuah komitmen yang tinggi agar sukses membangun bisnis jangka panjang, profitable, memberikan manfaat bagi orang banyak, menjaga kelestarian lingkungan alam serta membuat bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Konteks yang harus dipahami adalah bagaimana mereka bisa memberikan hal yang bersifat mendasar dalam bisnis yaitu aksi langsung atau nyata dalam setiap aspek bisnis tersebut. Do it… itu adalah hal yang perlu dipahami dengan baik agar setiap orang dalam perusahaan berperan serta untuk mencapai tujuanyang sudah dietapkan oleh perusahaan dan juga owner sekaligus manajemen dalam perusahaan tersebut.
Konsep Do It seringkali “ditakuti” oleh banyak orang karena akan berdampak kepada bisnis mereka jangka panjang, sementara seringkali khawatir dengan apa yang dilakukan. banyak hal yang dilakukan entrepreneur adalah mereka kurang fokus kepada do it dalam bisnis. Mereka lebih sering terjebak kepada hal yang konseptual. Memang harus ada dasar yang kuat ketika membangun bisnis berbasis konseptual.
Do itu itu sendiri harus diarahkan kepada empat fungsi dalam bisnis yang diturunkan dalam konteks manajemen perusahaan. apa saja itu? marilah entrepreneur fokus kepada fungsi keuangan dan akuntansi sebagai basis bisnis itu sendiri. Ingat, bisnis itu adalah UUD atau ujung-ujungnya duit dalam artian positif dimana profit adalah tujuan bisnis itu sendiri.
Fungsi yang kedua harus di Do it adalah manajemen pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan. Marketing adalah ujung tombak wirausaha dalam beribisnis. Fungsi lainnya adalah operasi dan sumber daya manusia yang menjadi dasar berjalannya perusahaan.
Fenomena yang tampak adalah banyak wirausaha yang kurang sadar dengan keempat fungsi tersebut dalam konteks do it. sementara, keempatnya harus dilihat secara berimbang agar bisa membangun bisnis yang kokoh dalam hidup ini. Jangan terjebak pada hal-hal yang bersifat permukaan sehingga hasilnya pun tidak optimal. hmmmmm… bagaimana dengan anda?

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: