“Apakah kamu sudah memiliki mindset untuk menjadi juara?” inilah pertanyaan yang diberikan oleh seorang teman kepada karyawannya ketika bertemu kemaren di dalam salah satu acara peringatan ulang tahun yang PT Pegadaian (Persero) yang ke 114. Tahun. Saya jadi teringat dengan konsep juara yang selalu dikobarkan oleh Portal Juaranews.com dan memberikan inspirasi kepada banyak orang untuk menjadi lebih baik.

Pertanyaan yang sangat sederhana ketika saat ini perusahaan dituntut untuk menjadi yang terbaik dan memiliki competitive advantage atau daya saing dimana semuanya memang harus unggul. Keunggulan tersebut tidak hanya bisa milik pimpinan ataupun owner semata tetapi harus miliki karyawan juga. Inilah tantangan terberat bagi setiap wirausaha dalam menjalankan bisnis saat ini.


Hal itu sangat dirasakan oleh manajemen PT Pegadaian (Persero) kantor wilayah Bandung yang memiliki komitimen untuk siap menang dalam kinerja mereka. Semuanya ditetapkan sebagai sebuah semangat dan diharapkan menjadi sebuah mindset untuk membangun keunggulan bersaing dalam perusahaan. Keterlibatan setiap karyawan sangat menentukan keberhasilan mencapai competitive advantage atau juara tersebut.

Mindset itu sebuah sikap mental yang memang harus dimiliki oleh karyawan. Sikap mental yang akan bisa membuat mereka memahami kemana arah perusahaan dan ketika ada permasalahan dalam perusahaan, karyawan juga tidak akan berpangku tangan. Bahkan mereka akan bersama-sama dengan manajemen dan pemilik perusahaan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan aktif mencari solusi.

Inilah yang sejatinya dimiliki oleh karyawan dalam upaya manajemen dan owner mencapai keunggulan bersaing atau menjadi juara. Sikap mental yang kuat yang mampu menjadi dasar bagi owner dan manajemen untuk membuat bisnis bisa besar dan tumbuh serta berkembang. Jadi, menjadi pekerjaan rumah dan tanggung jawab setiap wirausaha agar setiap karyawan memiliki mindset untuk menjadi juara.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh wirausaha untuk bisa membuat mindset juara dalam setiap diri karyawan. Pertama, karyawan perlu diberikan pengetahuan tentang konsep bisnis dan apa yang akan dicapai oleh bisnis itu sendiri. Konsep bisnis ini jelas akan membuat pengetahuan dan pemahaman yang kuat dari setiap karyawan terhadap bisnis dan lingkungan bisnis mereka. Siapa pesaing, konsumen, supplier, distributor, kondisi politik, ekonomi, social, budaya dan juga teknologi yang akan menjadi ancaman dan peluang perusahaan saat ini dan kedepan.

Selain itu, tentu juga dikenalkan dengan kondisi internal perusahaan seperti kondisi keuangan, pemasaran, operasi, dan Sumber daya manusia yang akan menjadi kekuatan dan kelamahan perusahaan. Hal ini perlu diketahui oleh karyawan.

Selanjutnya adalah bagaimana wirausaha perlu memberikan pemahaman yang mendalam kepada karyawan tentang manfaat dan kerugian ketika perusahaan tidak bisa mencapai posisi juara…tentu akan berhubungan dengan benefit dan cost yang akan mereka terima dalam hal ini adalah bagaimana setiap orang dalam perusahaan merasakan pengaruh atas setiap perubahan posisi perusahaan dipasar.

Yang terakhir, tentu sejauh mana owner dan manajemen menjalankan upaya perbaikan dan contoh serta konsep reward dan punishment secara adil. Saya jadi teringat dengan konsep karyawan perlu contoh dan bukti dan ini akan menunjukkan sejauh mana komitmen dari seluruh perusahaan untuk memberikan contoh yang kuat dalam perusahaan untuk menjadi juara. Jadi, belajar dari PT Pegadaian kemaren, luar biasa, untuk menjadi juara, harus benar-benar melibatkan seluruh karyawan.. SALAM JUARA.


Tulisan ada di www.juaranews.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: