Setiap hari harus dilihat sebagai sebuah peluang dan tentu juga tidak dilepaskan dari ancaman dari setiap bisnis itu sendiri.. Rasanya, kalimat ini perlu dicerna dengan lebih baik oleh setiap wirausaha dalam menjalankan usaha ketika banyak orang yang mulai pesimis dengan kondisi lingkungan bisnis, seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi. apalagi dalam konteks konsumen, pesaing, distributor dan juga supplier.


Perlu direnungkan bahwa menjadi wirausaha itu memang dituntut untuk bisa menjadi seorang ahli strategi dalam bisnis dan disinilah tantangannya ketika mereka akan menjadi seorang yang sukses dalam berbisnis, harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang relevan dengan bisnis mereka itu sendiri. Tidak boleh menyerah dengan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi dan sejatinya harus diambil sebagai sebuah peluang.
Pada hari ini, khususnya bulan ini, akan banyak sekali kejadian yang akan sangat berpengaruh terhadap bisnis para wirausaha dalam menjalankan bisnis mereka. Kemaren saja, nilai rupiah selalu diatas Rp. 13.000, meskipun banyak yang tidak membahasnya secara mendalam. Lalu, situasi politik yang memanas ketika akan diperingatinya hari kebangkitan nasional.
Belum lagi perubahan lingkungan lainnya. tentu sebagai wirausaha perlu kembali kemindset untuk mencapai sukses dimana perubahan lingkungan ini adalah sesuatu yang sudah pasti dan tidak akan bisa dirubah lagi. Perubahan yang akan berdampak kepada bisnis itu sendiri, baik sebagai ancaman ataupun peluang sehingga dua-duanya perlu disikapi dengan positif.
Perlu setiap wirausaha untuk berfikir positif dan fokus dalam menjalankan bisnis dengan melihat setiap perubahan lingkungan itu akan berdampak kepada peluang dan ancaman. sejatinya wirausaha itu akan selalu mencari sebuah peluang untuk bisnisnya agar bisa terus sukses mengembangkan bisnis saat ini dan yang akan datang. bagaimana dengan anda? hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: