Inilah yang disampaikan oleh tiga narasumber yang hadir dalam acara Nubiz Bandung TV minggu lalu. mereka adalah Milah, owner Rumah Kue Milah, Teti, Owner Ataya Collection dan Yati, onwer YN Salon. Mereka adalah wirausaha terbaik di dinas KUMKM Jabar yang mengikuti program ini pada tahun 2014.

 Mereka sudah mendapatkan pelatihan selama tiga hari di Balatkop dan UMKM Jabar dimana pelatihan diberikan kepada wirausaha dengan materi-materi yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen yang pastinya dimanfaatkan dalam setiap aktivitas bisnis tersebut.

Pelatihan inipun diberikan oleh banyak entrepreneur dan pengusaha sukses. Banyak hal yang bisa mereka manfaatkan dari wirausaha sukses tersebut karena bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman yang sangat dibutuhkan oleh wirausaha untuk menumbuhkembangkan bisnis ketika tingkat persaingan semakin tinggi dan perubahan lingkungan semakin cepat.



Setelah itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan benchmarking dengan berkunjung kepada pengusaha sukses. Ada yang ke Batik Komar, salon dan juga Ina Cookies. Kesempatan ini sangat berharga untuk pengembangan bisnis setiap wirausaha dan untuk memenangkan persaingan tersebut.

Inilah yang dirasakan oleh setiap wirausaha ketika mereka mendapatkan kesempatan mengikuti WUB dimana WUB adalah salah satu bentuk social capital yang harus dimanfaatkan secara optimal. modal sosial adalah modal yang ada di lingkungan internal dan eksternal wirausaha dan harus dimanfaatkan, meskipun dengan modal yang seringkali tidak perlu dikeluarkan. bagiaimana dengan anda?

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: