Kemaren sore, saya mendapatkan kirimam Blackberry Messenger (BBM) dari salah seorang wirausaha muda di Jawa Barat. BBM yang sangat penting ketika dihubungkan dengan wirausaha baru Jawa barat pada khususnya dan Entrepreneur muda pada umumnya. Isi BBM tersebut memberitahukan bahwa aka nada kegiatan cooperative fair di Lapangan Pussenif, Jalan Supratman 10 Bandung yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 7 Juni 2015.

Tentu hal ini sangat menggembirakan ketika selalu berhubungan dengan para wirausaha yang sangat membutuhkan berbagai program, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun pihak swasta untuk bisa berkontribusi pada peningkatkan kualitas bisnis mereka. Sejatinya, wirausaha dapat mengambil manfaat dari berbagai kegiatan, salah satunya adalah pameran dan bentuknya itu bisa cooperative fair yang memang diselenggarakan secara rutin oleh pemerintah.



Cooperative fair menjadi ajang untuk menampilkan berbagai produk yang dihasilkan oleh wirausaha dalam skala Usaha Mikro, Kecil, Menengah serta juga koperasi yang merupakan kumpulan dari banyak orang dalam berusaha mencapai tujuan bersama. Pelaku usaha ini sangat bisa merasakan manfaat yang sangat besar ketika mereka mendapatkan kesempatan menampilkan produk-produk tersebut. Dengan optimal dalam konteks produk yang berkualitas, tampilan stand atau booth yang menarik serta berbagai program yang dapat menarik serta membuat pengunjung melakukan pembelian.

Konsep social capital atau modal sosial menjadi salah satu kunci sukses wirausaha dalam menjalankan bisnis dan mengembangkan bisnis mereka menjadi penting jika dihubungkan dengan program pengembangan bisnis wirausaha tersebut. Modal ini adanya di pemerintah, bisa juga di akademisi, komunitas, pelaku bisnis, media, perbankan dan lain-lain. Selalu konteks ABCG dan media yang seringkali dibahas oleh banyak pihak untuk bisa berkontribusi pada bisnis wirausaha.

Akan tetapi, modal sosial itu tidak akan berkontribusi secara optimal apabila tidak dikelola dengan baik. Jika dihubugnkan dengan konteks cooperative fair, maka wirausaha perlu meningkatkan knowledge, skill dan attitude mereka terhadap penyelenggaraan acara ini. Bahkan untuk wirausaha, di cooperative fair ini disediakan beberapa booth untuk wirausaha baru Jawa Barat (WUB Jabar) di stand nomor C 17, C 18 dan C 19 pada acara ini.

Satu hal yang perlu dipahami adalah tujuan mengikuti acara ini. Tentu dalam konteks marketing, setiap wirausaha perlu memahami proses yang ada di benak konsumen yaitu AIDA, attention, interest, Desire dan Action. Tetapkan tujuan dulu sehingga jelas.Bila hanya ingin meningkatkan attention, artinya, hanya membuat produk dikenal konsumen. Disini, perlu dibuat tampilan booth yang bagus, materi promo yang banyak sehingga orang bisa mengenal produk wirausaha.

Kedua, pada tahapan interest, dalam hal ini, wirausaha perlu membuat program yang membuat menarik seperti keunggulan produk yang ditampilkan. Hal ini berhubungan dengan sejauh mana produk berbeda dengan yang lain. Ini penting karena akan menentukan daya tarik setiap konsumen kepada produk itu sendiri.
Ketiga berhubungan dengan bagaimana wirausaha membuat pengunjung berminat untuk membeli. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat program diskon yang hanya berlaku pada pelaksanaan pameran. Ini penting untuk pengunjung agar bisa berminat untuk membeli. Disini penting untuk para wirausaha agar bisa langsung membaut pengunjung pada tahap pembelian

Inilah yang keempat, dan menjadi penting adalah bagaimana membuat pengunjung membeli produk yang ditawarkan dan ditampilkan oleh wirausaha di acara pameran ini. Jelas, ini adalah tujuan yang sangat penting untuk dicapai karena berhubungan dengan hasil kongkrit yang hendak dicapai.


Pilihan harus dilakukan oleh setiap wirausaha dalam mengikuti pameran, apakah Attention, Interest, Desire dan Action sehingga konsep yang ditampilkan dalam pameran itu sesuai dengan tujuan dan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan setiap wirausaha dan pemerintah yang menyelenggarakan program cooperative fair. 

Tulisan di Koran Bisnis Bandung 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: