Perjalanan tiga hari sharing dengan teman-teman di salah satu BUMN memberikan pelajaran yang luar biasa. Pelajaran yang pastinya tidak akan pernah terlupakan, khususnya yang berhubungan dengan bagaimana kudu fokus di pengelolaan sumber daya manusia.

Kebesaran sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang mereka miliki karena konteksnya adalah bagaimana mengoptimasi aset berupa karyawan untuk bisa berkontribusi secara optimal kepada perusahaan.

Disinilah kesadaran penuh yang harus saya bangun kembali ketika tingkat persaingan bisnis yang sejatinya menjadi sebuah fakta yang tidak bisa ditolak oleh setiap entrepreneur.

Bicara tentang sumber daya manusia, tentu harus dilihat secara strategis karena salah satu core bisnis adalah riset, konsultan dan training bagi karyawan perusahaan. Dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang dalam untuk pengelolaan sdm.

Hubungan ini sangat terasa padasaat menemukan berbagai hal yang terkait dengan training bagi karyawan perusahaan dan semuanya menunjukkan keterkaitan antara aktivitas dalam manajemen sumber daya manusia.

Oleh karena itu,menjadi sebuah kebutuhan mendasar saat ini melihat seorang karyawan sebagai aset atau human capital dengan memperhatikan aktivitas manajemen sumber daya manusia. Mulai dari job design, rekrutmen, seleksi, training and development, kompensasi, hubungan industri dan phk.

Ini harus didudukkan kembali kepada pemahaman yang mendalam atas apa yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. So, mari dalami lagi manajemen sdm
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: