Menjadi seorang pramuka adalah kesempatan yang sangat berharga bagi setiap anak-anak sampai remaja. Hmmm... Kenapa ya? Kok bisa disimpulkan seperti itu?

Rasanya, saya menjadi teringat kurang lebih 25 tahun lalu, ketika masih menjadi anggota pramuka di SMP dan aktif di kepramukaan. Setiap minggu, selalu latihan berbaris, tali temali, sandi morse dan bahkan berkemah yang tidak hanya saja di sekolah, ada di bumi perkemahan dan lain-lain.

Ada yang lebih keras juga sih selama menjadi anggota pramuka. Ngga tahannya itu berpanas-panasan dan bahkan hujan-hujanan di lapangan. Ini adalah pembentukan mental bagi setiap anggota pramuka dan pastinya sangat penting bagi setiap pramuka.



Akan tetap, ada juga yang paling berkesan yaitu bagaimana dulu menjadi pramuka selalu diminta oleh pihak sekolah untuk memimpin upacara. Senang sekali menjadi pemimpin upacara dengan pakaian pramuka.

O iya, satu lagi ketika jadi pramuka adalah ujian kenaikan "pangkat". Ada ujian yang harus dilewati berupa hafalan serta praktek. Setiap anggota pramuka harus lulus dan menampilkan yang terbaik.

Lalu, apa hubungannya dengan entrepreneurship? 25 tahun lalu menjadi anggota pramuka dan rasanya, saat ini, setiap pengetauan dan keterampilan serta pengalaman dulu sangat bermanfaat ketika menjadi entrepreneur.

Lhoo... Kok bisa? Hakekat entrepreneur itu adalah mindset atau  Sikap mental yang kuat. Sikap mental ni dibentuk oleh pengetahuan dan pengalaman dulu dan salah satunya dengan menjadi pramuka tadi.

Pertama, memiliki visi yang kuat. Waktu jadi anggota pramuka, selalu diminta untuk menetapkan impian jangka panjang dan dituntut untuk mencapainya melalui ujian kenaikan tingkat.

Kedua, latihan mental dengan belajar ikut berbagai kegiatan pramuka seperti berkemah di lapangan dan lain-lain. Inilah yang didapat dulu. Ketiga, kreatif dan inovatif yang didapatkan pelajaran dari berbagai tugas ketika berkemah dan lain-lain.


Ini hanya beberapa benefit yang didapat dari keanggotaan pramuka dan pastinya menjadi dasar yang kuat berupa mental serta kreativitas yang menjadi karakter seorang entrepreneur sukses.... So, jadilah anggota pramuka dan mimpi jadi entrepreneur sukses...SALAM PRAMUKA 
Powered by Telkomsel BlackBerry®








Share To:

meriza hendri

Post A Comment: