Kelas Entrepreneurship yang saya ajar kemaren cukup berbeda dengan kelas yang biasanya karena berhubungan dengan manajemen keuangan yang memang seharusnya dimiliki oleh setiap entrepreneur. Banyak entrepreneur yang sudah memiliki bisnis dan menjalankannya dalam waktu yang cukup lama, masih kurang memiliki pemahaman yang baik terhaap manajemen keuangan.

Hal ini terlihat pada kuliah yang diberikan hari ini. Beberapa teman-teman yang masuk di kelas sudah memiliki bisnis yang dijalankan selama belasan tahun, belum memiliki pemahaman yang baik terhadap manajemen keuangan yang seharusnya sudah dimiliki oleh bisnis mereka. Konsep-konsep dasar tentang manajemen keuangan belum dikuasai dengan baik.



Apa akibatnya? saya sendiri cukup miris mengetahui kondisi ini karena seharusnya inilah yang harus mereka ketahui, pahami, hayati dan jalankan dalam setiap aktivitas bisnis mereka agar bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dalam skala bisnis yang mikro, kecil, menengah dan besar. inilah yang harus dicapai oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Akibatnya adalah bagaimana entrepreneur tidak bisa memiliki kualitas bisnis sesuai dengan tujuan mereka. Tidak akan tercapai competitive advantage dalam setiap bisnis entrepreneur. Hal ini harus dimulai dengan pemahaman akan keuangan bisnis mereka, karena jelas Total Profit itu dihasilkan dari total revenue dikurangi dengan total cost dalam setiap bisnis entrepreneur.

Untuk membuat pemahaman yang baik dari setiap entrepreneur, bisa dimulai dari memetakan setiap aktivitas bisnis yang ada dalam bisnis mereka. Hal ini penting agar entrepreneur menyadari dan memahami bahwa bisnis mereka itu sangat tergantung kepada keuangan perusahaan. Tidak ada pengecualian untuk keuangan bisnis.

Kemudian, memberikan pengetahuan akan anggaran yang ada dalam perusahaan mereka. Pengetahuan tentang revenue dan biaya yang dikeluarkan dalam bisnis akan membuat bisnis mereka lebih baik. karena setiap keputusan itu berasal dari kondisi keuangan perusahaan. oleh karena itu, membuat anggaran akan membuka mata setiap entrepreneur.

Selanjutnya adalah membuat pencatatan dari setiap transaksi bisnis yang ada dalam bisnis mereka. akuntansi memegang peranan penting bagi setiap entrepreneur dan inilah yang harus dilakukan yaitu bagaimana membuat catatan transaksi dan pada akhirnya bisa membuat laporan keuangan berupa neraca, laporan laba rugi, perubahan modal sampai perubahan modal.

Inilah yang harus dipahami secara baik oleh setiap entrepreneur dalam menjalakan bisnis yang sudah dipilih. Harapannya adalah bisnis mereka akan jauh lebih baik dan lebih terukur dalam pencapaian target yang sudah ditetapkan oleh manajemen. tidak ada alasan bagi entrepreneur untuk tidak memahami keuangan karena keuangan adalah jantungnya perusahaan. ingat, bisnis itu adalah create money berupa profit yang harus didapatkan oleh setiap entrepreneur.

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: