Inilah pelajaran yang berharga dari seorang teman yang berbisnis dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dimana program CSRnya langsung dipimpin dan dijalankan oleh para entrepreneur dan diikuti oleh tim atau bawahan mereka. Pelajaran yang mungkin tidak didapatkan dari perusahaan-perusahaan yang mengakunya sudah menjalankan program CSR ini.


Tadi malam, terlihat bagaimana seorang entrepreneur turun langsung ke lapangan dan memberikan value kepada entrepreneur tentang bagaimana memberikan value kembali kepada masyarakat yang notabene adalah existing customer maupun potential custoomer yang akan memberikan value bagi perusahaan mereka sendiri. Inilah yang menjadi kunci dalam program CSR untuk mencapai tujuan yang mereka tetapkan untuk dicapai.

Kegiatan yang langsung dipimpin oleh entrepreneur ini benar-benar terasa bagaimana program CSR harus dilakukan dan apa yang bisa diambil manfaat oleh para stakeholder mereka. Rasanya, hal ini bisa membuat diferensiasi yang kuat bagi para entrepreneur dalam menyusun program CSR yang seringkali dianggarkan cukup besar. Memang tidak secara langsung diharapkan pengembalian dana yang sudah diinvestasikan kepada program tersebut, akan tetapi, lebih kepada bagaimana bisa berkontribusi kepada pencapaian tujuan perusahaan.

Seorang entrepreneur dalam keterlibatan mereka dalam program CSR dapat memberikan image yang tepat tentang program yang mereka jalankan. Image tentang bagaimana komitmen, program yang dibuat serta keputusan yang strategis dimana dapat dibuat setiap entrepreneur ketika bertemu dengan stakeholder mereka. Inilah yang menjadi pembeda dalam setiap program CSR yang ditawarkan kepada masyarakat. Program yang sangat penting dan harus menjadi kunci sukses entrepreneur.

Apa yang sebaiknya dilakukan oleh entrepreneur dalam membangun bisnis tersebut adalah pertama, jelas menekankan pada diri setiap entrepreneu bahwa pogram CSR tersebut adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai tujuan. Entrepreneur tidak bisa menganggap program ini sebagai supporting dalam perusahaan karena dampaknya tidak akan optimal dala pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan di awal.

Kedua, memberikan perhatian penuh kepada program CSR ini karena akan berdampak kepada bagaimana hasil yang akan diterapkan oleh manajemen perusahaan untuk membuat program-program yang relevan dengan masyarakat dan dapat memberikan value lebih dan optimal kepada perusahaan. Jangan lagi membuat program-program yang standar dan tidak berdampak signifikan para bisnis entrepreneur.

Ketiga, Pimpin setiap program CSR dan gunakan manajemen agar program CSR lebih terarah dan dapat diukur setiap capaian yang memang sudah menjadi bagian dari tujuan program itu sendiir. Keterukuran akan membuat program bisa dikontrol dan dapat ditingkatkan lagi agar bisa lebih baik untuk masa yang akan datang.

Seringkali program CSR hanya diwakilkan kepada tim dan tidak mendapatkan roh dalam pelaksanaanya sehingga stakeholder pun dapat merasakan bagaimana konsep CSR yang dijalanakn oleh entrepeneur tersebut memberikan outcome selain output yang memang sudah ditetapkan di awal pembuatan program CSR. Inilah yang menjadi dampak bila benar-benar tidak bisa dipimpin oleh entrepreneur itu sendiri.


Oleh karena itu, marilah entrepreneur bisa menyempatkan waktu untuk memimpin program CSR perusahaan yang sudah ditetapkan sebagai agian dari program perusahaan. Pimpin secara langsung dan akan dapat dirasakan benefit baik bagi individu maupun setiap stakeholder perusahaan mereka. sukses buat kita semua..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: