100.001 TANYA JAWAB BISNIS DAN MANAJEMEN BAGI ENTREPRENEUR

Pertanyaan 6
Banyak sekali pelaku usaha yang nota bene bisnis itu adalah sebuah proses yang tidak boleh dianggap sebagai sebuah beban. Akan tetapi, banyak sekali orang yang hanya melihat kesuksesanorang dengan cepatnya. Lalu, Apakah bisnis itu bisa instan?



TIM SMC MENJAWAB

Sepakat sekali... bisnis itu adalah sebuah proses yang panjang dan bagi saya, seorang start up membutuhkan minimal waktu 2 tahun, untuk melihat dia benar2 fokus, punya passion dan punya potensi ngga sih dibisnis itu, karena berhubungan dengan pembentukan entrepreneurial mindset, kapabilitas organisasi (perusahaan) dan juga memanfaatkan social capital yang ada di lingkungannya.

Kalau sudah melewati itu, dia akan bergeser pada fase pertumbuhan dimana dibutuhkan manajemen yang kuat dalam hal strategic management, financial management and accounting, marketing management, operation management, human capital dan IT...kalau hal ini bisa dilewati pada kurun waktu 5 - 10 tahun, barulah bisnis itu akan teruji dengan management system yang bisa "ditinggal" oleh ownernya..

Saya jadi teringat tahap-tahap yang harus dilewati oleh seorang entrepreneur yaitu stage of growth dari bisnis menurut KAO yaitu incubation, start up, early development, development, growth dan expansion... itu tidaklah instan, butuh proses. rasanya, Indonesia membutuhkan entrepreneur yang mampu membuat bisnis anak muda yang profit, people, planet, sustainability minimal 10 tahun serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro,, kecil, menengah dan besar .. yang pastinya tidak dalam dimensi waktu yang instan, tetapi berproses..

Oleh karena itu, enjoy the process karena saya juga melakukan hal yang sama, menikmati proses membangun bisnis,,, tidak instant....

Tulisan ada di www.strabiz.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: