Inilah yang menjadi tantangan setiap entrepreneur dalam membangun bisnis saat ini dan yang akan datang. Bagaimana bisa bisnis itu bisa berjalan sendiri dan terus mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh manajemen.

Permasalahan utamanya adalah bagaimana setiap entrepreneur mampu membuat standard operation procedure terhadap setiap aktivitas bisnisnya. Tentu harus jelas dulu apa yang dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam bisnisnya dan itu menjadi dasar dalam menuliskan SOP tersebut.


Konsep SOP itu sendiri adalah tuliskan apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang anda tulis. Demikian juga dengan setiap entrepreneur dalam berbisnis. Kemampuan untuk menuliskan apa yang dikerjakan menjadi sebuah tugas utama yang harus dijalankan.

Akan tetapi, seringkali orang “malas” mengerjakan hal ini karena tidak tahu akan menulis apa. Tentu hal ini menjadi faktor penentu dalam membuat SOP. Di GIMB Entrepeneur School, materi ini termasuk salah satu materi utama sehingga entrepreneur harus bisa menuliskan apa yang selama ini mereka kerjakan di bisnis tersebut.

Selain itu, entrepenur harus paham template dari SOP itu sendiri. Disitu perlu dilihat judul SOP, siapa yang membuat, bidang terkait dalam implementasi SOP dan juga waktu pelaksaaan SOP. Itu beberapa point dalam pembuatan SOP yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Akan tetapi, sebagai seorang entrepreneur, mindset tentang SOP dan peranan bagi bisnis sudah harus melekat dan langsung membuat SOP dari setiap aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Tidak ada alasan untuk tidak menjalankan SOP sehingga apapun yang dilakukan, harus berdasarkan SOP.
So, mari kita bersama-sama membuat SOP untuk bisnis kita masing-masing dan mulai mendefinisikan SOP itu dengan baik agar bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis…

Tulisan ada di www.gimbers.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: