Rasanya, keterampilan ini sudah menjadi kunci untuk menggapai kesuksesan setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis yang melibatkan banyak orang, tidak hanya di internal bisnis akan tetapi juga lingkungan eksternal yang berhubungan dengan supplier, pesaing, konsumen, distributor,pemerintah, perbankan dan lain-lain. Tidak bisa lepas dari orang lain.

Dalam hal ini, komunikasi menjadi tool untuk bisa menghasilkan output, outcome sampai dengan impact yang sejatinya menjadi target yang sudah ditetapkan oleh seorang entreprneuer. Banyak fakta menunjukkan bahwa sebaik apapun leadership seseorang dan juga keputusan bisnis yang mereka buat, menjadi fail ketika tidak bisa mengkomunikasikan dengan baik kepada target audience.



Ini adalah kesalahan mendasar bagi setiap entrepreneur yang tidak terlelu memperhatikan keterampilan komunikasi sebagai sebuah asset yang harus dimiliki untuk menggapai sukses. Fokus mereka lebih banyak kepada hard skill yang berhubungan dengan pemasaran, keuangan, operasi sampai dengan sumber daya manusia.

Keterampilan komunikasi itu membahas bagaimana seorang entrepreneur mampu merumuskan pesan yang akan disampaikan kepada audiens dengan menggunakan media yang dipilih sehingga audiens mau dan bersedia untuk melakukan apa yang diinginkan oleh entrepreneur tersebut.

Inilah yang perlu dipahami oleh entrepreneur selain hard skill yang memang sejatinya harus dikuasai oleh mereka dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatkan keterampilan komunikasi pada diri setiap entrepreneur untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis, baik untuk saat ini ataupun untuk masa depan yang pastinya belum pasti dimata setiap entrepreneur.

Untuk memulainya, seorang entrepreneur perlu  membaca artikel dan pengetahuan tentang komunikasi yang dilakukan oleh orang-orang sukses dalam bisnis dan juga buku-buku yang relevan dengan keterampilan komunikasi dalam bisnis.

Selanjutnya, lakukan latihan terus menerus agar menjadi seorang ahli atau expert dalam komunikasi sehingga pada ahirnya, ketika mereka sudah menjadi seorang entrepreneur, menjalankan bisnis dan membuat keputusan bisa mengkomunikasikan kepada internal seperti bawahan ataupun pada pihak eksternal… 

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: