Inilah dua konsep yang harus dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur dan bahkan dijalankan dengan baik secara beriringan oleh setiap entrepreneur ketika mereka akan menumbuhkembangkan bisnis. Kedua konsep yang sangat relevan untuk setiap bisnis yang sudah ditetapkan tujuannya.

Manajer itu berhubungan dengan bagaimana mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan. Manajemen adalah konsep dasarnya sehingga jelas terbaca bagaimana seorang entrepreneur itu harus bisa membuat perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengendalian (controlling).



Jelas sekali bagaimana seorang entrepreneur dituntut untuk menjadi seorang manajer yang handal dalam bisnis sehingga mampu mengelola seluruh sumber daya yang pastinya terbatas untuk menghasilkan output, outcome dan impact yang sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur itu sendiri.

Hal ini bisa dilakukan dengan optimal oleh entrepreneur karena hal itu lebih bersifat hard skill dalam membuat perenanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga pengendalian atas setiap bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur.

Akan tetapi, manajemen itu sendiri tidak akan berjalan dengan baik dan optimal kalau entrepreneur itu tidak memiliki leadership yang kuat dan efektif dalam menggerakkan seluruh sumber daya agar bisa bekerja secara optimal dan efektif serta efisien. Leadership itu berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain.

Leadership itu sangat berperan dalam manajerial setiap entrepreneur khususnya pada tahap implementasi rencana dalam menggerakkan sumber daya dalam perusahaan. Leadership dalam menggerakkan orang-orang dalam perusahaan sehingga mereka akan mau menjalankan setiap rencana tersebut.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu memiliki kedua keterampilan ini agar mampu menjadi entrepreneur yang paripurna dalam mencapai setiap tujuan bisnisnya.

Tulisan ada di www.belbizonradio.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: